Chef Deny Gumilang (kedua kiri) saat tampil mengolah kuliner nusantara dengan menggunakan susu, Kamis 31 Mei 2018./JIBI-Yoseph Pencawan
Kuliner

Kreasi Susu dalam Kuliner Khas Nusantara

Yoseph Pencawan
Sabtu, 2 Juni 2018 - 08:02
Bagikan
Bisnis.com, JAKARTA - Frisian Flag menampilkan dua jenis kuliner Nusantara yang dicampur dengan susu saat menggelar buka puasa bersama dengan para awak media di Jakarta.
 
Adapun kedua jenis kuliner yang diolah Runner-up Master Chef Indonesia Musim 4 Deny Gumilang tersebut adalah rendang dan ayam geprek sambal matah.
 
Seusai memasaknya, Chef Deny menuturkan, selama ini susu sebenarnya sudah sering digunakan sebagai salah satu bahan dalam pembuatan kuliner, tetapi di Indonesia lebih banyak masih sebatas makanan pencuci mulut.
 
"Kalau untuk makanan utama western sudah banyak, tetapi kalau (susu) dipakai untuk makanan nusantara, masih jarang sekali," ujarnya.
 
Mungkin saja, tutur dia, ada yang sudah lama menggunakan susu sebagai salah satu bahan campuran dalam mengolah kuliner nusantara, tetapi saking jarangnya, dia sendiri mengaku tidak tahu persis siapa saja ahli masak yang menggunakannya dan sejak kapan.
 
Dan meskipun penggunaan cairan susu dalam bahan pembuatan kuliner sangat mungkin dilakukan, tetapi dia melihat hal ini belum masuk menjadi "resep langganan" para ahli masak dan belum mengalami perkembangan yang berarti dalam dunia kuliner di Indonesia. Hampir semua ahli masak dan masyarakat di Indonesia sampai saat ini masih lebih memilih penggunaan santan.
 
"Salah satu jenis kuliner yang sudah lama menggunakan susu menggantikan santan kelapa yang saya tahu cuma Soto Betawi. Sudah banyak sekali orang yang memasaknya menggunakan susu, menggantikan santan, atau dicampur,"
 
Namun untuk jenis kuliner nusantara yang lain dia menilai para ahli masak atau masyarakat belum menjadikannya sebagai bahan rutin. Dia sendiri mengaku menggunakan cairan susu dalam pengolahan rendang dan ayak geprek sambal matah karena mendapat tantangan dari pihak Frisian Flag.
 
Setelah dia menerima tantangan itu dan melakukan eksplorasi, ternyata tekstur rasanya dia anggap masih cocok dengan lidah orang Indonesia. Selama ini sebenarnya Deny juga belum menggunakan susu dalam setiap jenis kuliner yang dia buat.
 
"Setelah saya rasa-rasa, boleh juga ya, susu bisa dikombinasikan dengan masakan indonesia."
 
 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro