Putri keempat PresidenRI keempat almarhum Abdurrahman Wahid, Inayah Wahid menabur bunga ketika berziarah ke makam Gus Dur di Komplek Pemakaman Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, Selasa (4/8/2015)./ANTARA-Zabur Karuru
Travel

Pesona Wisata Ramadan: Kemenpar Tawarkan 10 Destinasi Wisata Religi Unggulan

Deandra Syarizka
Jumat, 18 Mei 2018 - 17:41
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-- Menyambut Bulan Ramadan, Kementerian Pariwisata menawarkan 10 destinasi wisata religi unggulan yang dikemas dalam paket Pesona Wisata Ramadan.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menjelaskan, jumlah wisatawan Nusantara per bulan biasanya mencapai 20 juta. Namun, jumlah wisnus pada saat Ramadan merosot drastis menjadi 10 juta jiwa. Meski demikian, jumlah itu kembali terkompensasi saat Hari Raya Idulfitri karena terdapat 20 juta wisnus yang mudik.

"Untuk wisnus [jumlahnya] aman, tidak perlu membuat acara. Namun kalau wisman tidak tergantikan ketika jumlahnya turun. Oleh karenanya kita membuat program terutama kepada wisman yang tidak sensitif [untuk bepergian] ketika Ramadan," ujarnya, Jumat (18/5/2018).

Dia menilai, Ramadan merupakan momentum yang tepat untuk mengajak wisatawan menikmati paket wisata Ramadan, sekaligus mengajak wisatawan merencanakan kunjungan destinasi. Salah satu destinasi yang bisa dinikmati adalah destinasi wisata minat khusus, yaitu wisata religi.

Dia memaparkan, wisata yang dipromosikan dalam Pesona Ramadan ini meliputi wisata ziarah, baik ziarah kubur maupun kunjungan (itikaf) ke masjid.

Ketua Tim Percepatan Wisata Halal Riyanto Sofyan menjelaskan, pemasok utama wisata halal antara lain wisata alam, budaya, dan wisata buatan.

Berdasarkan Global Moslem Travel Index (GMTI), Indonesia berada di peringkat kedua setelah Malaysia sebagai destinasi halal terbaik di dunia. Pada 2019, pemerintah menargetkan Indonesia dapat meraih peringkat pertama sebagai destinasi wisata halal terbaik di dunia.

"Yang penting bagi kita bisa mengangkat wisata halal sehingga bisa dikapitalisasi untuk peningkatan wisman yang Muslim dan wisnus," ujarnya.

Adapun 10 destinasi wisata ziarah unggulan yang ditawarkan dalam paket Pesona Wisata Ramadan adalah :

  • makam Gus Dur di Jombang
  • makam Sunan Ampel Surabaya
  • makam Sunan Gunung Djati Cirebon
  • Mesjid Agung Demak Jawa Tengah
  • makam Sunan Muria Kudus Jawa Tengah
  • makam raja-raja Banten
  • Mesjid Luar Batang Jakarta Utara
  • makam Kesultaman Siak Riau
  • makam Syekh Mahmud Barus Sumatra Utara
  • makam Hakim Sekumpul Martapura Kalimantan Selatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Deandra Syarizka
Editor : Saeno
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro