Ini Makanan yang Wajib Dicoba Ketika Berlibur di Incheon, Korsel

Korea Tourism Organization (KTO) Jakarta Office mencatat ada sebanyak 230.837 wisatawan Tanah Air yang berkunjung ke Negeri Ginseng pada 2017. Tak cuma Seoul, kini orang Indonesia mulai merambah kota lainnya, seperti Incheon yang memiliki daya tarik kuliner.
JIBI | 16 Mei 2018 07:52 WIB
Jajangmyeon khas Korea Selatan. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -- Minat wisatawan Indonesia untuk mengunjungi Korea Selatan terus meningkat, terutama sejak gelombang K-pop menerjang.

Korea Tourism Organization (KTO) Jakarta Office mencatat ada sebanyak 230.837 wisatawan Tanah Air yang berkunjung ke Negeri Ginseng pada 2017. 

Tren kota yang dikunjungi pun meluas. Tak cuma Seoul, kini orang Indonesia mulai merambah kota lainnya, seperti Incheon.

Hal ini sebenarnya tidak mengherankan karena kota metropolitan di pesisir barat Korea Selatan (Korsel) itu memiliki sejumlah daya pikat, salah satunya kuliner.

Di sejumlah pasar tradisional di Incheon, pelancong bisa menemukan jajanan tradisional, seperti di Pasar Sinpo, Uhyeon-ro, Jung-gu. Pasar Sinpo terletak strategis, yakni di dekat pintu keluar 3 Stasiun Dong Incheon. Di pasar ini, pelancong bisa menemukan berbagai makanan tradisional.

Bila berkeliling ke Incheon selama bulan puasa ini, Anda bisa ngabuburit di pasar sambil membeli hidangan buka puasa dengan menu-menu tradisional Korsel. Tetapi, tentu saja Anda harus lebih dulu memastikan menu tersebut halal.

Berikut ini rekomendasi kuliner dari Korea Tourism Organization, seperti yang dilansir Tempo.

1. Jajangmyeon

Jajangmyeon sudah akrab di lidah orang Indonesia karena tersedia di beberapa restoran Korsel di Jakarta. Jajangmyeon adalah mi yang yang dicampur dengan tahu dan tumis sayuran serta dicampur dengan saus kedelai hitam. Minya juga lebih tebal dibandingkan mi pada umumnya.

2. Jogae-gui

Jogae-gui merujuk pada masakan kerang. Biasanya restoran akan menyediakan jogae-gui dengan beragam jenis kerang.

Bentuk, macam, dan ukuran kerangnya pun berbeda-beda. Kerang yang diolah menjadi jogae-gui biasanya bercitarasa asin. Orang lokal biasa menyantapnya untuk teman minum.

3. Hwadeokmandu

Hwadeokmandu adalah pangsit yang dipanggang manual di atas tungku. Pangsit yang memiliki tekstur renyah di luar dan juicy di dalam ini merupakan makanan ringan paling favorit di Incheon.

4. Dakgangjeong

Dakgangjeong adalah ayam goreng yang ditaburi bumbu pedas dan manis. Makanan ini seperti lauk, sehingga orang Indonesia bisa menyantapnya bersama nasi. Pasar Sinpo adalah salah satu kawasan yang banyak menjual dakgangjeong.

5. Mineohoe

Mineoheo adalah kudapan ringan yang terbuat dari ikan yang diiris tipis. Incheon menjadi tempat terkenal penghasil makanan laut, termasuk mineoheo. Mineoheo biasa disantap degan sup yang panas.

Sumber : Tempo

Tag : kuliner, korea selatan
Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top