Tips Hemat dan Tak Kalap Beli Tiket di Travel Fair

Pameran pariwisata atau travel fair selalu menjadi ajang yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia, terutama mereka yang memang senang bepergian.
Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh | 05 April 2018 12:06 WIB
Ilustrasi - Somnomed

Bisnis.com, JAKARTA -- Pameran pariwisata atau travel fair selalu menjadi ajang yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia, terutama mereka yang memang senang bepergian. 

Berdasarkan keterangan resmi yang diterima Bisnis, Kamis (5/4/2018), Shopback mencatat terdapat lebih dari 10 pameran pariwisata yang digelar pada kuartal I/2018. Berbagai pameran tersebut diselenggarakan oleh perusahaan travel ataupun maskapai yang bekerja sama dengan perusahaan perbankan.

Pada acara travel fair, penjualan tiket murah selalu menjadi incaran para pengunjung. Namun, seringkali banyak pengunjung yang hadir gagal mendapatkan tiket murah yang mereka idam-idamkan.

Untuk itu, Shopback yang merupakan platform gaya hidup yang mendukung masyarakat untuk berbelanja dengan bijak menilai sangat penting bagi calon traveller untuk mengetahui tips dan trik mendapatkan paket liburan hemat di travel fair.

Mau tahu apa saja tips dan triknya? Ini dia daftarnya:

1.Tentukan destinasi wisata plus tanggal liburan yang pas

Sebelum pergi ke travel fair, pastikan Anda sudah memilih terlebih dahulu destinasi wisata mana yang ingin dikunjungi.

Juga, jangan lupa untuk memastikan tiga tanggal liburan yang pas. Jadi, jika ada salah satu tanggal yang tidak sesuai dengan budget, Anda masih punya opsi tanggal liburan yang lain.

2.  Hindari peak season

Meski Anda sudah memilih tanggal liburan yang pas, tetap harus dipastikan bahwa tanggal-tanggal liburan yang sudah dipilih tidak termasuk peak season. Peak season yang dimaksud seperti libur Lebaran, liburan anak sekolah, libur Natal, dan Tahun Baru.

Mengapa? Karena biasanya potongan harga untuk peak season tidak terlalu bombastis dibandingkan dengan masa liburan di luar periode tersebut.

3. Pesan terlebih dahulu di biro perjalanan

Apabila Anda sudah punya langganan biro perjalanan (travel agent) yang ternyata ikut berpartisipasi dalam pameran yang akan dikunjungi, tidak ada salahnya untuk memesan terlebih dulu di biro perjalanan tersebut. Jadi, Anda tidak perlu mengantre dan bisa menghemat waktu mengejar promo lainnya yang juga ditawarkan seperti promo hotel atau kebutuhan travel lainnya.

4. Datang di hari pertama

Pastikan Anda berkunjung ke pameran wisata pada hari pertama dibukanya acara tersebut. Pasalnya, kesempatan untuk mendapatkan tiket murah pada hari pertama travel fair lebih besar ketimbang di hari berikutnya.

5. Lihat dengan seksama promo-promo yang diberikan 

Jangan kalap melihat banyaknya promo yang ditawarkan di sana dan perhatikan secara hati-hati promo apa saja yang disediakan. Pasalnya, promo-promo yang diberikan tidak hanya berasal dari maskapai atau bank, tapi ada juga beberapa tenant yang ikut menawarkan beragam promo menarik.

6. Manfaatkan “happy hour”

Sejumlah tiket murah biasanya akan dilepas saat “happy hour”, tentunya dengan kuota yang terbatas. Jadi, untuk mendapatkan tiket murah, Anda harus datang tepat waktu.

Biasanya, “happy hour” saat pameran perjalanan dilakukan dua kali, yakni pada pagi hari mulai pukul 10.00 hingga 13.00 dan sore hari mulai pukul 16.00 hingga 18.00. Pada hari pertama, untuk mendapatkan tiket terbaik saat “happy hour” adalah pukul 16.00 sampai 17.00.

Tag : traveling
Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top