Wisatawan mancanegara melakukan swafoto di dekat kaldera kawah Gunung Ijen Banyuwangi, Jawa Timur, Minggu (22/10)./ANTARA-Budi Candra Setya
Travel

Ini Delapan Festival Seru di Banyuwangi Selama April 2018

JIBI
Selasa, 3 April 2018 - 12:47
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Selama April 2018, Banyuwangi akan diramaikan sejumlah acara dan festival menarik dalam rangkaian Banyuwangi Festival. Ada delapan event yang digelar, di antaranya Banyuwangi Underwater Festival, trail run Banyuwangi Ijen Green Run, pesta kuliner, hingga festival sungai bersih.

Acara sport tourism akan banyak mewarnai Banyuwangi Festival (B-Fest) pada awal April 2018, yaitu Banyuwangi Underwater Festival pada 4-6 April, Fishing Festival atau lomba mancing pada 7 April, dan lomba lari Banyuwangi Ijen Green Run pada 8 April.

Bupati Banyuwangi Abdulah Azwar Anas mengatakan konsep sport tourism memang mempunyai ceruk pasar tersendiri. Misalnya, menurut The British Tourist Authority dan English Tourism Board, sekitar 20% dari total wisatawan yang datang di Inggris adalah wisatawan olahraga, baik untuk berlaga maupun menikmati ajang olahraga.

”Dalam geliat industri pariwisata tersebut, wisata olahraga atau sport tourism menjadi salah satu yang paling pesat perkembangannya. Oleh karena itu, kami membidik industri sport tourism ini. Tetapi, tentu kami pilah segmen mana yang sesuai dengan potensi Banyuwangi,” paparnya, seperti dilansir dari Tempo.co, Selasa (3/4/2018).

Banyuwangi Underwater Festival yang berlangsung selama tiga hari akan digelar di kawasan wisata bahari di Bangsring Underwater, Kecamatan Wongsorejo Banyuwangi. Menurut Anas, ada beragam ajang unik yang akan mewarnai wisata ini.

Mulai dari Nemo Dancing atau pengamatan ikan nemo (clown fish) selama 48 jam, tari gandrung di dasar laut, pendidikan bahari, lomba kano, lomba lari sisir pantai, hingga fotografi bawah laut.

"Penyelamatan dan pengamatan ikan nemo ini nantinya akan dinilai untuk dapat Rekor MURI," ungkapnya.

Bangsring Underwater akan disusul ajang Fishing Festival. Lomba memancing yang berlangsung di sisi Utara Pantai Grand Watu Dodol ini akan dimeriahkan ratusan penghobi mancing di tengah laut.

Sementara itu, Banyuwangi Ijen Green Run akan digelar pada Minggu (8/4) pagi dengan start di rest area Tamansari, Kecamatan Licin. Ajang lari di alam bebas atau trail run ini, mengajak pesertanya untuk berkompetisi olahraga sambil menikmati pesona alam kawasan pegunungan Ijen yang sejuk dan hijau.

"Acara ini sayang untuk dilewatkan. Ada banyak keindahan yang ditawarkan," lanjut Anas.

Green Run memiliki tiga kategori untuk pria dan wanita, yakni family run 6 KM, half run 18 KM, dan long run 33 KM. Ditambah satu kategori khusus, kelas exhibition bagi anak-anak usia 6-12 tahun dengan jarak tempuh maksimal 1 km.

Bagi wisatawan penikmat kuliner bisa datang ke ajang Banyuwangi Kuliner pada Kamis (12/4) di Taman Blambangan Banyuwangi. Kali ini, Banyuwangi khusus mengangkat kuliner tradisional Ayam Kesrut.

"Akan hadir Chef Farah Quinn untuk memeriahkan acara. Selain itu, di areal tersebut juga akan berlangsung Banyuwangi Art Week pada 12-15 April. Sehingga pengunjung selain mencicipi kuliner khas Banyuwangi juga bisa melihat beragam karya anak Banyuwangi di Art Week tersebut, " tambahnya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi Yanuarto Bramuda menambahkan ajang lainnya yang juga digelar pada April adalah A Week in Songgon pada 21-29 April, Kontes Bekisar dan Kucing pada 22 April, Festival Sastra pada 28-29 April, serta Festival Pasar dan Kali Bersih pada 29 April.

"Event Seminggu di Songgon akan mengajak para wisatawan menikmati suasana pedesaan dan mengeksplorasi alam wilayah Songgon yang terletak di kaki Gunung Raung. Selama sepekan penuh, wisatawan dapat menikmati rangkaian atraksi mulai dari petualangan rafting di Kali Badeng, menembus hutan menikmati pemandangan air terjun, wisata hutan pinus dan rumah pohon, menyaksikan lomba berkuda, hingga lomba panahan," sebutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : JIBI
Editor : Annisa Margrit
Sumber : Tempo.co
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro