5 Rekomendasi Wisata Pengalaman Saat Perayaan Songkran di Thailand

Salah satu saat paling tepat untuk mengunjungi Thailand adalah ketika Hari Raya Songkran. Perayaan ini telah menarik perhatian para wisatan di seluruh dunia setiap tahunnya, tak terkecuali para pelancong dari Indonesia.
Wike Dita Herlinda | 26 Maret 2018 19:55 WIB
Perayaan Hari Raya Songkran - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Salah satu saat paling tepat untuk mengunjungi Thailand adalah ketika Hari Raya Songkran. Perayaan ini telah menarik perhatian para wisatan di seluruh dunia setiap tahunnya, tak terkecuali para pelancong dari Indonesia.

Dirayakan pada 19 Maret—15 April 2018, perayaan ini diprediksi mampu menggaet tamu mancanegara hingga 35.000 orang pada tahun ini (naik 20% dibandingkan tahun lalu).

Festival ini merupakan perayaan besar di Negeri Gajah Putih. Penduduk setempat menunjukkan rasa hormat dan terima kasih pada leluhur dan mengunjungi kuil untuk berdoa dan mengirim persembahan, termasuk menuang air ke patung Buddha dan mengharap keberuntungan.

Meskipun banyak turis yang tidak memeluk agama Buddha, mereka tetap tertarik dengan ramainya perayaan budaya ini di Thailand. Namun, tahukah Anda, ada cara unik untuk menikmati Songkran dan menambah pengetahuan budaya Anda?

Airbnb merekomendasikan berbagai tips wisata pengalaman (experience tourism) untuk menikmati semarak perayaan Songkran di Thailand dari sudut pandang yang berbeda.

“Kami menyaksikan bahwa wisatawan kembali ke Bangkok setiap tahun untuk mencari petualangan alternatif selama perayaan Songkran, baik sendirian maupun bersama teman dan keluarga,” ujar Head of Trips Airbnb untuk Asia Tenggara dan India, Sriram Vaidhya.

Dia mengatakan selain menginap di pilihan akomodasi yang unik, wisatawan juga ingin menikmati kota dari sudut pandang warga lokal. Lantas, apa sajakah rekomendasi wisata pengalaman itu?

1. Pad Thai Delight!

Di Pad Thai Delight!, Anda dapat memahami makna indah dibalik Songkran bersama Tatiya, yang akan memperkenalkan tradisi dan budaya Thailand seperti menuangkan air mawar ke patung Buddha, menyampaikan terima kasih pada leluhur, serta memakai din-so-pong (tabir surya dari lumpur), untaian bunga, dan kain tradisional Thailand.

2. Belajar Menari Tradisional Thailand

Anda dapat merasakan pengalaman tradisional Songkran dengan memakai kostum tradisional Thailand dan mempelajari lagu dan tarian khas Negeri Siam di sepanjang perayaan Songkran. Airbnb membantu Anda menemukan berbagai tuan rumah lokal yang expert dalam tarian tradisional sejak kecil.

3. Memasak Sajian Otentik Thailand Timur Laut

Anda dapat melakukan hal berkesan saat perayaan Songkran dengan memesan lewat fitur ‘Pengalaman Sosial Berdampak’ di Airbnb. Dengan demikian, Anda bisa mengetahui lebih dalam tentang Songkran di luar pusat kota bersama dengan warga lokal.

Mereka akan memperkenalkan Anda tentang bagaimana warga lokal di pedesaan Thailand berkumpul dan menikmati kuliner tradisional khas Thailand bagian timur laut. Apalagi, wilayah ini menyimpan kelezatan kuliner rahasia yang belum banyak diketahui di kelas memasak Thailand pada umumnya.

4. Ritual Songkran Otentik Bersama Sak Yant Master

Di sini Anda akan diajarkan tentang bagaimana merayakan tahun baru dengan rot nam dan hua, alias ritual tradisional untuk merayakan Songkran bersama para leluhur Thai di Samnak.

5. Seni Memahat Buah

Anda dapat belajar seni ukiran buah bersama koki eksekutif Farm 22 yang berlokasi di jantung Kota Bangkok.

Di sana, Anda akan diaja memercikkan air ke gambar Buddha dan belajar tentang pentingnya menghias buah bersama dengan semangkuk ember air yang dapat ditaburkan ke atas gambar Buddha.

Tag : pariwisata
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top