Sayap Ayam Renyah dengan Aneka Cocolan Populer

Ada begitu banyak menu makanan cepat saji yang beredar di Indonesia. Namun, salah satu yang belakangan tengah naik daun adalah sayap ayam (chicken wings) yang digoreng crispy dan dapat disajikan dengan segala macam saus atau bumbu sesuai selera
Wike Dita Herlinda | 19 Maret 2018 16:17 WIB
sayap ayam yang digoreng crispy - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Ada begitu banyak menu makanan cepat saji yang beredar di Indonesia. Namun, salah satu yang belakangan tengah naik daun adalah sayap ayam  yang digoreng crispy dan dapat disajikan dengan segala macam saus atau bumbu sesuai selera.

Sebelumnya, sayap ayam goreng di Indonesia lebih sering dikonsumsi sebagai lauk. Padahal, di banyak negara, menu tersebut lebih tepat disajikan sebagai camilan atau makanan pendamping. Di Amerika Serikat, misalnya, sayap ayam sering disajikan sebagai teman kongkow atau nonton.

Bagaimanapun, beberapa tahun belakangan, orang Indonesia mulai mengonsumsi sayap ayam cepat saji sebagai menu kudapan yang tidak terlalu berat. Semakin banyak restoran yang menjajakan menu ini di daftar makanan pembuka atau snek mereka.

Mengikuti tren tersebut, Holiday Inn Express Jakarta International Expo (JIExpo) tidak mau ketinggalan dengan menu baru yang dinamai Chick n Dip. Ini adalah menu ekspres yang dapat disajikan secara cepat dan tidak butuh waktu lama untuk mengonsumsinya.

Assistant Markecting Communication & Distribution Manager Holiday Inn Express JIExpo, Priskilla Wanda, menjelaskan menu tersebut menjadi unggulan selama periode Maret 2018. Sesuai namanya, sajian ini terdiri atas sayap ayam renyah gurih yang disajikan dengan aneka saus populer.

“Chick n Dip ini disajikan bersama saus-saus favorit seperti honey mustard, barbeque, blackpepper, thai chili, dan garlic parmesan. Para tamu dapat memilih dua jenis saus favorit mereka untuk menemani sajian sayap ayam renyah,” jelasnya.

Bir

Menu ini tidak hanya dihidangkan bersama ragam rasa saus yang sedang digemari masyarakat, tetapi juga disajikan dengan dua botol bir rasa stroberi dan mango apple cider. Harga yang ditawarkan untuk paket menu tersebut adalah Rp150.000 dengan tambahan Rp5.000/tambahan saus.

Priskilla menjelaskan menu tersebut dipilih sebagai andalan untuk memanjakan para tamu yang ingin menghadiri berbagai acara di JIExpo sepanjang Maret, mulai dari konser hingga pameran bertaraf internasional.

“Pada Maret ada banyak acara diselenggarakan di JIExpo, seperti Java Jazz Festivel, IFEX, dan Chainsmoker Live in Concert. Jadi, kami merasa hidangan ini sangat cocok untuk menemani para tamu yang ingin bersantai sebelum maupun sesudah beraktivitas,” tuturnya.

Khusus bagi Anda para penggemar sayap ayam, perlu diketahui bahwa hidangan ini diolah berdasarkan tiga jenis potongan, yaitu; drumette, flat, dan tip. Namun, kebanyakan restoran cepat saji hanya menyajikan potongan drumette dan flat.

Padahal, bagian sayap ayam yang paling garing, gurih, tetapi sering dilupakan adalah tip. Ini adalah potongan paling ujung dari sayap ayam, yang biasanya melekat pada bagian flat. Jadi, jika Anda menyukai cita rasa crunchy sekaligus chewy mintalah bagian ini saat memesan di restoran.

Tip

Jika Anda ingin mencoba mengolah sendiri sayap ayam di rumah untuk camilan di saat santai bersama keluarga, ada beberapa tip yang dapat membuat menu chicken wings Anda menjadi lebih menggugah selera.

Pertama, potonglah sayap ayam dalam ukuran kecil alias drum stick untuk memperbanyak kuantitas sekaligus memudahkan saat memakan. Kedua, tusuk sayap ayam dengan batang bambu lalu panggang untuk memaksimalkan rasa gurih dan aroma asap ala barbeque.

Ketiga, campur atau oleskan bumbu pada saat terakhir sebelum sayap ayam disajikan, khususnya jika saus atau bumbu yang digunakan mengandung gula. Tujuannya adalah untuk menjaga tekstur agar tidak lembek. Keringkan sayap dari sisa-sisa minyak setelah memanggang atau menggoreng, sebelum mencampurkannya dengan bumbu atau saus.

Keempat, hindari memanggang atau membakar sayap ayam langsung di atas api. Letakkan permukaan sayap ayam yang memiliki kulit di bagian atas, dan gunakan grate atau drip pan untuk memanggang. Panggang 30-40 menit, dan sesekali oleskan minyak untuk menghindari lengket.

Tag : kuliner
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top