Pulau Baer, Surga Tersembunyi di Kepulauan Kei

Meski lokasinya tersembunyi di antara gugusan Kepulauan Kei, Baer ternyata menyimpan kecantikan yang memikat wisatawan.
Siti Munawaroh | 18 Maret 2018 16:30 WIB
Pesona Pulau Baer di Kepulauan Kei, Provinsi Maluku. Pulau Baer, bagaikan surga yang tersembunyi dengan kecantikan alam dan pesona bawah lautnya yang indah. - Bisnis/Siti Munawaroh

Bisnis.com, JAKARTA - Kepulauan Kei di bagian tenggara Kepulauan Maluku memang eksotis. Selain Pulau Kei, destinasi wajib untuk dikunjungi wisatawan di Kepulauan Kei adalah Pulau Baer.

Meski lokasinya tersembunyi di antara gugusan Kepulauan Kei, Baer ternyata menyimpan kecantikan yang memikat wisatawan.

Secara administratif masuk ke dalam bagian Kota Tual, Provinsi Maluku, pesona Pulau Baer booming sekitar 2015. Perairan yang jernih, landscape pulau dengan tebing-tebing tinggi, hutan mangrove yang hijau, Pulau Baer bak ‘surga’ yang tersembunyi.

“Baer atau kami menyebutnya bair. Bair artinya tidak kelihatan. Awalnya dianggap seperti pulau kosong, seiring berkembangnya promosi wisata, ada komunitas dokter PTT yang membentuk Kei Diving Club. Hasil foto mereka tentang Baer yang diposting di Instagram itu menjadi viral,” kata Kabid Pemasaran Dinas Pariwisata Kabupaten Maluku Tenggara, Budhi Toffi, di sela-sela kunjungan Press Tour Kementerian Pariwisata mengujungi Pulau Baer, Jumat (16/3) pekan lalu.

Di Pulau Baer, Anda bebas berjemur, snorkeling, diving ataupun menjelajahi hutan mangrove. Baer juga menyimpan kekayaan tanaman anggrek bulan yang tumbuh subur di pulau ini. Laguna dengan air yang jernih berwarna hijau kebiru-biruan, pasir yang putih siap menyambut Anda ketika menginjakkan kaki di dermaga Pulau Baer. Spot diving dengan pesona bawah laut yang memukau pun dimiliki pulau tak berpenghuni ini.

“Masih ada beberapa titik diving yang bagus di pulau ini. Dermaga dibangun pada 2015, ketika pulau ini mulai booming. Di pulau ini juga ada danau air asin,” ujar Budhi.

Transportasi

Untuk menuju Pulau Baer, Anda dapat menggunakan kapal speed boat menyeberang sekitar 1 jam dari dermaga Watdek di Pulau Kei Kecil. Apabila menggunakan kapal kecil, Anda dapat berangkat dari pelabuhan nelayan di Dullah, daerah pelabuhan di Kota Tual. Ongkos kapal untuk menuju Pulau Baer sekitar Rp700.000.

Dengan ongkos kapal Rp700.000, wisatawan yang mengunjungi Pulau Baer, juga dapat singgah di Pulau Adranan atau Pulau Burung yang berlokasi tak jauh dari Baer. Pulau Adranan juga kosong tak berpenghuni. Selain pasir putih dan lokasi diving, di pulau ini Anda juga dapat menjumpai kawanan burung Merpati yang kerap melintasi langit biru Adranan.

Tag : pariwisata
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top