Vegan Culinary Jadi Daya Tarik Pariwisata Indonesia

Produk kuliner vegan atau vegetarian menjadi salah satu pilihan dan sebagai daya tarik bagi wisatawan mancanegara untuk datang ke Indonesia.
Jaffry Prabu Prakoso & Deandra Syarizka | 06 Maret 2018 23:56 WIB
Ilustrasi festival kuliner. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -  Produk kuliner vegan atau vegetarian menjadi salah satu pilihan dan sebagai daya tarik bagi wisatawan mancanegara untuk datang ke Indonesia, kata Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata (Kemenpar) I Gde Pitana Brahmananda.

"Pola masyarakat tidak mengkonsumsi vegan culinary sebagai salah satu pilihan. Wisatawan vegetarian dan vegan akan merasa nyaman bila di suatu kota atau negara yang dikunjungi memiliki restoran vegan atau vegetarian,” katanya, Selasa (6/3/2018).

Berdasarkan catatan World Vegan Organization, masyarakat vegetarian dan vegan di Indonesia cukup besar.

Dengan jumlah sekitar 2 juta orang atau terbanyak di seluruh dunia, menjadikan salah satu pendorong tumbuhnya kuliner vegan di Tanah Air.

Saat ini  tercatat ada lebih dari 1000 rumah makan vegetarian dan vegan, baik yang berskala besar (restoran) hingga warung kaki lima yang tersebar di 34 provinsi Indonesia.

Bahkan banyak rumah makan yang non-vegetarian/vegan kini juga menyediakan menu khusus vegetarian termasuk hotel-hotel, tempat wisata, maskapai penerbangan, rumah sakit, hingga kantin sekolah. I Gde meyakini peluang ini bisa dijadikan magnet wisatawan dunia .

Tag : kuliner
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top