Hotel Aston di Semarang/agoda
Travel

Kegiatan Seni & Budaya Dongkrak Okupansi Hotel di Manado

Kurniawan A. Wicaksono
Selasa, 6 Maret 2018 - 13:18
Bagikan

Bisnis.com, MANADO – Berbagai kegiatan seni dan budaya yang cocok dengan wisatawan China diyakini mampu terus mengerek tingkat okupansi hotel di Manado.

Djemie Lala, Executive Assistant Manager Aston Manado Hotel, mengatakan kegiatan ini penting mengingat besarnya dominasi wisatawan China yang berkunjung ke Manado. Pasalnya, sekitar 40% tamu dengan travel agent yang menginap di hotelnya pada awal 2018 berasal dari China.

“Di Manado sekarang kan banyak turis China, jadi acara-acara budaya yang meriah sangat membantu agar semakin banyak turis yang hadir,” ujarnya saat ditemui Bisnis.com, Senin (5/3/2018) malam.

Menilik data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah wisatawan mancanegara yang datang ke Sulawesi Utara melalui pintu masuk bandara Sam Ratulangi pada Januari 2018 sebanyak 8.505 orang, naik 10,83% dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebanyak 7.674 orang.

Dari angka tersebut, wisatawan asal China mendominasi dengan jumlah 7.671 orang atau mengambil porsi 90,19%. Selanjutnya diikuti oleh Amerika (1,14%), Hong Kong (1,00%), Singapura (0,92%), Perancis (0,80%), Jerman (0,76%), Malaysia (0,59%), Australia (0,47%), Inggris (0,39%), Korea Selatan (0,35%).

Mulai banyaknya wisatawan asal Negeri Panda itu, menurut Djemie, mampu mengerek tingkat okupansi hotel Aston Manado saat ini sekitar 83%. Angak tersebut di atas rata-rata seluruh hotel di Ibu Kota Sulawesi Utara, sekitar 76%-77%.

Dia pun mengapresiasi adanya gelaran ‘International Shaolin Show’ pada hari ini, Selasa (6/3/2018), yang akan menampilkan atraksi kungfu shaolin sekitar 27 adik seperguruan Bruce Lee dari Biara Shaolin Selatan Kota Putian Provinsi Fujian China.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Manado Lenda Pelealu mengatakan gelaran ‘International Shaolin Show’ untuk menunjang pariwisata di Manado. Selain itu, pihaknya ingin menjawab tunturan dari para pelaku industri agar menggelar acara untuk menyambut kunjungan turis yang terus bertambah.

Meskipun mengakui akan lebih menyediakan waktu lebih banyak untuk memperkenalkan seni bela diri asal China itu, Lenda mengatakan atraksi budaya lokal tetap ada. Beberapa seni budaya lokal yang tampil antara lain tari Kabasaran dan Masamper.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro