Cap Go Meh Pulau Kemaro : Legenda Cinta Pangeran China & Siti Fatimah

Merayakan Tahun Baru Imlek di Pulau Kemaro, Sumatra Selatan menjadi rutinitas tahunan puluhan ribu warga keturunan Tionghoa sejak puluhan tahun lalu. Meski lumrah terjadi, tapi perayaan Cap Go Meh di delta berjarak 6 kilometer dari Kota Palembang itu tetap menarik disimak.
Newswire | 28 Februari 2018 08:21 WIB
Pagoda di Pulau Kemaro, Sumatra Selatan. - Istimewa

Bisnis.com, PALEMBANG - Merayakan Tahun Baru Imlek di Pulau Kemaro, Sumatra Selatan menjadi rutinitas tahunan puluhan ribu warga keturunan Tionghoa sejak puluhan tahun lalu. Meski lumrah terjadi, tapi perayaan Cap Go Meh di delta berjarak 6 kilometer dari Kota Palembang itu tetap menarik disimak.

Pulau yang terletak di kawasan industri, yaitu di antara Pabrik Pupuk Sriwijaya dan Pertamina Plaju dan Sungai Gerong ini menyimpan sejuta kisah yang sangat melegenda di masyarakat setempat.

Pulau yang berjarak sekitar 40 kilometer dari Kota Palembang ini menjadi tempat berdirinya vihara China, Klenteng Hok Tjing Rio yang dibangun tahun 1962, suatu tempat untuk berdoa yang diyakini oleh warga keturunan tersebut. Selain itu, yang tak kalah menarik perhatian, di pulau ini terdapat makam dari putri Palembang, Siti Fatimah.

Sumber : Antara

Tag : cap go meh
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top