Kastil Skotlandia nan Eksotik

Skotlandia terkenal dengan pemandangan alamnya yang menakjubkan. Puncak-puncak putih berselimut salju, hamparan padang rumput tempat domba mencari makan, serta danau-danau menawan penuh mitos dan legenda.
Rezza A. Pratama Pencinta Perjalanan Tinggal di Inggris | 16 Februari 2018 21:46 WIB
Kastil Edinburg - visitscotland

Bisnis.com, JAKARTA - Skotlandia terkenal dengan pemandangan alamnya yang menakjubkan. Puncak-puncak putih berselimut salju, hamparan padang rumput tempat domba mencari makan, serta danau-danau menawan penuh mitos dan legenda.

Meskipun memiliki kultur yang agak berbeda dengan orang Inggris, Skotlandia menjadi bagian dari Kerajaan Inggris Raya sejak 1707. Beberapa ciri khas tetap dipertahankan. Orang-orang Skot mudah dikenali lewat aksen mereka yang unik. Bagi yang tidak biasa akan sangat sulit memahami ucapan mereka kendati menggunakan Bahasa Inggris.

Beberapa wilayah Skotlandia sangat terkenal dalam banyak literatur modern. Edinburgh, Ibu Kota Skotlandia, menjadi lokasi syuting beberapa film terkenal, seperti sekuel Trainspotting dan Harry Potter. Terkini, tokoh Fahri dalam film Ayat-Ayat Cinta 2 bahkan dikabarkan menjadi dosen di Univerisity of Edinburgh.

Menuju Utara, ada legenda monster Nessie yang terkenal. Konon, di sebuah danau bernama Loch Ness bersemayam makhluk misterius mirip dinosaurus. Kabar keberadaannya pertama kali ditangkap kamera oleh pria bernama Robert Kenneth Wilson pada 1934. Namun, mitos monster Nessie terlanjur beredar luas ke seluruh dunia.  Banyak sekali film, buku, dan, karya fiksi yang terinspirasi dari cerita ini.

Di balik pemandangan alam dan kotanya yang menakjubkan, Skotlandia juga menyimpan cerita sejarah dan bangunan eksotis yang mengundang decak kagum. Salah satu adaptasi terbaik adalah film Braveheart (1995) yang menceritakan sosok William Wallace, salah satu kesatria Skot yang hidup di abad pertengahan. Bagi orang Skot, William Wallace adalah pahlawan nasional. Di atas sebuah bukit di Kota Stirling, sebuah monumen dibangun pada tahun 1869 untuk menghormatinya.

Kekayaan sejarah Skotlandia abadi dalam kastil-kastilnya yang megah. Bebatuan kuno tanpa cat dan selubung lumut hijau membentuk imaji yang sempurna tentang kisah para bangsawan Skot. Memasuki kastil-kastil ini menyeret kita kembali ke abad pertengahan. Eksotis.

Menurut catatan, ada sekitar 2.000 kastil di seluruh penjuru Skotlandia kendati tidak semuanya  berfungsi dengan baik. Beberapa di antaranya hanya tinggal puing-puing reruntuhan tetapi tetap layak dikunjungi karena nilai sejarah dan keindahannya. Beberapa kastil terletak tepat di jantung kota sehingga mudah dikunjungi, tetapi beberapa di antaranya berada di antah berantah.

Jika punya kesempatan ke Skotlandia, mengunjungi beberapa kastil bisa menjadi pertimbangan utama. Berikut kastil yang patut patut dikunjungi:

1.            Edinburgh Castle

Terletak tepat di jantung ibu kota, kastil ini merupakan salah satu lokasi wisata yang paling banyak dikunjungi di Skotlandia. Catatan the Association of Scottish Visitos Attraction (ASVA) menunjukkan bahwa  tidak kurang dari 1,4 juta wisatawan mendatangai kastil ini pada 2013. Kemegahan, nilai sejarah, dan lokasinya yang mudah dikunjungi menjadikan kastil ini sangat terkenal.

Letak kastil Edinburgh memang sangat mencolok yakni di atas bekas bebatuan vulkanik yang disebut castle rock. Catatan sejarah menunjukkan kastil ini paling tidak sudah berdiri sejak abad ke-12 dan mengalami sejumlah renovasi dan pergantian kepemilikan dari masa ke masa. Kini, kastil Edinburgh digunakan sebagai pangkalan militer. Untuk memasuki bagian dalam kastil anda perlu membayar £17 atau sekitar Rp300.000. Jika tidak ingin mengeksplorasi bagian dalamnya, Anda cukup menikmati pelataran kastil yang sudah cukup mengagumkan.

2.            Stirling Castle

Seperti halnya kastil Edinburgh, kastil ini juga terletak tak jauh dari pusat Kota Stirling, sebuah kota yang terletak di dataran tengah Skotlandia. Stirling adalah kota kecil yang cantik, dikelilingi oleh perbukitan hijau. Dibangun pada abad ke-11, kastil Stirling masih megah berdiri. Bebatuan tua yang membentuk kastil berpadu dengan rimbunnya pepohonan yang mengelilingi kastil tersebut.

Di abad modern, halaman kastil sempat digunakan untuk menggelar konser. Sejumlah musisi ternama seperti Bob Dylan dan R.E.M. pernah mengadakan konser di lokasi ini. Untuk memasuki kastil ini, tiket yang dikenakan sebesar £15.

3.            Urquhat Castle

Kastil Urquhat berkaitan erat dengan legenda monster Nessie. Kastil ini memang hanya tinggal reruntuhan tetapi letaknya tepat di tepi Danau Loch Ness sehingga menawarkan pemandangan yang menakjubkan. Untuk menuju kastil ini tidak semudah Kastil Stirling atau Edinburgh. Posisinya berada di luar kota sehingga membutuhkan transportasi tambahan menuju ke sana.

Kota terdekat adalah Inverness yang berjarak sekitar 30 menit perjalanan. Jika menggunakan transportasi publik, bis terjadwal sangat bisa diandalkan. Namun, jadwal berangkat dan kepulangan harus sangat diperhatikan. Apalagi beberapa operator bus hanya beroperasi di musim panas saja.  Jika punya bujet lebih, bisa mencoba tur keliling Loch Ness menggunakan cruise. Para peserta akan diajak naik kapal mengelilingi danau sambil diceritakan mengenai legenda monster Nessie.

Untuk memasuki kastil ini pengunjung harus merogoh kocek sebesar £8. Meskipun hanya berupa reruntuhan, kondisi fisik kastil Urquhat masih sangat diperhatikan. Ada berbagai spot foto menarik bagi yang suka berbagi di media sosial. Di halaman kastil yang luas terdapat trebuchet, senjata pelontar raksasa yang banyak digunakan untuk perang abad pertengahan.

4.            Dunothar Castle

Salah satu kastil dengan pemandangan paling menakjubkan di Skotlandia. Kastil ini berada tepat di sebuah tebing di tepi laut lepas. Jika Anda penggemar serial Game of Throne mungkin tidak asing dengan Pyke Castle milik House Greyjoy. Kira-kira seperti itulah gambaran Dunothar Castle yang bisa dicapai sekitar 1 jam perjalanan dari Kota Aberdeen.

Sayangnya, kastil yang didirikan pada abad ke-13 ini tinggal menyisakan reruntuhan. Lokasinya yang jauh dari pusat kota juga membuat kastil ini tidak terlalu banyak dikunjungi kendati pemandangan sekitarnya sangat layak untuk dipertimbangkan. Selain dihiasi tebing-tebing tinggi menjulang, kastil ini juga dikelilingi ladang gandum yang luas. Kami berkunjung di musim dingin sehingga ladang tersebut berubah menjadi hamparan padang berwarna cokelat sejauh mata memandang. Sinar matahari sore yang jatuh menambah kesan eksotis kawasan tersebut.

Selain keempat kastil di atas, tentu masih banyak lagi kastil menakjubkan yang layak dikunjungi. Skotlandia adalah tanah impian.  Tempat para wisatawan dimanjakan oleh pemandangan alam, tradisi, sejarah, dan bangunan-bangunan kuno yang menakjubkan.

 

 

Tag : trip
Editor : Bambang Supriyanto

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top