5 Tips Nyaman Penerbangan Jarak Jauh Bagi Business Traveler

Agar perjalanan bisnis Anda sepenuhnya menyenangkan, Anda harus mempersiapkan segala sesuatu dengan matang. Jangan sampai ada barang-barang yang tertinggal agar pekerjaan Anda tidak terganggu. Untuk itu, terapkan lima tips berikut ini untuk membuat business trip berjalan lancar!
MediaDigital | 23 Januari 2018 17:43 WIB
https://pixabay.com/en/airport-man-travel-traveler-1822133 -

Bisnis.com,Jakarta - Dalam dunia bisnis, business traveler dituntut untuk selalu siap mobile. Menghadiri pertemuan dengan klien untuk memperluas jaringan bisnis dan investasi, mengurus dokumen, hingga meninjau usaha mengharuskan Anda bepergian ke luar kota atau negeri dalam waktu lama. Bahkan, saat harus bekerja di luar kantor, Anda harus berangkat dan mengatur tugas sendiri sesuai rencana.

 Agar perjalanan bisnis Anda sepenuhnya menyenangkan, Anda harus mempersiapkan segala sesuatu dengan matang. Jangan sampai ada barang-barang yang tertinggal agar pekerjaan Anda tidak terganggu. Untuk itu, terapkan lima tips berikut ini untuk membuat business trip berjalan lancar!

 Memahami perbedaan antara direct flight dan non-stop flight

Perjalanan bisnis mempunyai agenda yang padat dan menuntut efisiensi tinggi. Oleh karena itu, transportasi udara menjadi opsi populer di kalangan pebisnis atau profesional karena memiliki banyak rute penerbangan dan ketepatan jadwal penerbangan. Namun, pernahkah Anda bingung dengan istilah direct flight dan non-stop flight sebelum membeli tiket? Sekilas keduanya memiliki arti yang mirip, tetapi ternyata sangat jauh berbeda.

Istilah “direct flight” diartikan sebagai penerbangan ke kota tujuan, tetapi melakukan pemberhentian di satu atau beberapa kota di sepanjang perjalanan. Dalam penerbangan ini, Anda akan transit tanpa berganti pesawat, meskipun saat itu pesawat yang Anda tumpangi berhenti di sejumlah bandara untuk menurunkan dan menjemput penumpang lain, layanan imigrasi, atau mengisi bahan bakar. Sebaliknya non-stop flight adalah penerbangan langsung tanpa melakukan singgah atau berhenti di bandara lain.

Dari kedua tipe penerbangan tersebut, maka non-stop flight merupakan pilihan paling cepat dan nyaman bagi seorang business traveler. Anda bisa tiba di kota tujuan dengan tepat waktu, sehingga agenda dapat dilakukan sebagaimana semestinya.

 Bawa barang seperlunya

Saat akan melakukan perjalanan bisnis, Anda perlu memastikan bahwa barang-barang yang dibawa memang pasti digunakan. Apalagi untuk perjalanan berpindah-pindah kota, membatasi jumlah barang bawaan menjadi penentu kenyamanan perjalanan Anda.

Oleh karena itu, jika Anda berencana pergi selama tiga hari, maka cukup membawa tiga setelan pakaian formal, dua pakaian ganti, dan satu pakaian tidur. Pastikan pula peralatan mandi, kosmetik, dan obat-obatan disiapkan secukupnya saja.

 Bawa bantal leher, earplug, dan penutup mata

Karena memiliki jam terbang tinggi, perjalanan bisnis sudah pasti melelahkan. Anda harus mengejar penerbangan pagi, lalu dilanjutkan meeting sesampainya di kota tujuan, dan kembali terbang di sore hari. Tak hanya itu, perasaan gugup karena pertemuan bisnis juga seringkali membuat Anda sulit tidur, padahal tidur sangatlah penting untuk fokus dan stamina tubuh.

Agar Anda istirahat dengan nyaman, tak ada salahnya menyiapkan bantal khusus traveling, earplug, dan penutup mata dalam tas jinjing atau ransel. Menggunakan earplug selama penerbangan dapat membantu Anda untuk tidur lebih tenang tanpa merasa diganggu suara di sekeliling. Sementara penutup mata bisa meminimalisir gangguan cahaya, seperti lampu kabin, sinar matahari, dan layar gadget yang terlalu terang, yang dapat merangsang otak terus aktif.

Selain itu, agar tidur semakin berkualitas gunakan bantal leher berbentuk U diletakkan di depan leher. Cara seperti ini dapat membantu mengurangi rasa sakit di leher dan menjadi sandaran tidur yang nyaman. Dengan begitu, Anda tidak mudah kaget dan terbangun saat pesawat mengalami guncangan.

 Maksimalkan fungsi smartphone

Kehadiran smartphone saat ini dapat dimanfaatkan untuk membantu segala kebutuhan dari perjalanan bisnis. Mulai dari memilih penerbangan, memesan hotel, mengakses email, dan sebagainya kapan pun dan di mana pun. Namun lebih dari itu, smartphone Anda bisa dimaksimalkan untuk menggunakan fitur baru dari aplikasi Traveloka, Check-In Online.

Fitur ini memungkinkan Anda melakukan check-in di aplikasi untuk menghindari antrean check-in yang mengular di konter bandara. Terlebih jika waktu kedatangan Anda di bandara terlalu mepet dengan jadwal keberangkatan, check-in online bisa meminimalisir risiko ketinggalan pesawat karena nama Anda telah tercantum dalam database penerbangan.

Yang paling menarik, Anda juga bisa memilih nomor kursi sesuai keinginan secara langsung. Setelah berhasil, Anda akan menerima boarding pass elektronik yang dapat diakses melalui e-ticket pada aplikasi Traveloka.

 Persiapkan powerbank

Untuk yang memiliki mobilitas tinggi, pastikan bawa powerbank sebagai “penyelamat” saat smartphone Anda kehabisan daya baterai. Pilihlah powerbank yang berukuran kecil agar mudah dibawa. Selain itu, cobalah membawa dua unit powerbank. Apabila salah satunya sedang digunakan, powerbank lainnya bisa Anda tinggalkan di hotel untuk diisi daya baterai. Dengan begini, powerbank bisa selalu siap Anda gunakan.

Benar, dalam perjalanan bisnis memang selalu ada hal-hal yang tak terduga terjadi. Pastikan untuk mengantisipasinya dengan persiapan matang agar perjalanan bisnis Anda sukses. Karena berawal dari sinilah Anda bisa mengembangkan karier dan memajukan perusahaan lewat pengalaman tersebut. Selamat mencoba!

Tag : Traveloka
Editor : MediaDigital

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top