Penidago.com Optimalkan Pelayanan Transportasi Ke Nusa Penida

Penidago.com, sebuah online travel agen, berinovasi membuat layanan pemesanan tiket speedboat menuju Nusa Penida agar wisatawan semakin mudah mendatangi pulau ini.
Ni Putu Eka | 21 Januari 2018 10:59 WIB
Sejumlah kapal cepat (speedboat) bersandar di pelabuhan - Antara/Ahmad Subaidi

Bisnis.com, DENPASAR -- Penidago.com, sebuah online travel agen, berinovasi membuat layanan pemesanan tiket speedboat menuju Nusa Penida agar wisatawan semakin mudah mendatangi pulau ini.

Wakil Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Klungkung I Ketut Gunawan mengatakan selama 3 tahun belakangan, pariwisata Nusa Penida berkembang pesat dengan perhari kunjungan wisatawan bisa mencapai 10.000 orang. Tren tingkat keterisian kamar penginapan di Nusa Penida juga terus meningkat dua tahun belakangan yakni dari 75% pada 2016 menjadi 80% pada 2017. Sementara, pada 2018, dia menarget tingkat keterisian kamar setidaknya bisa menyamai kondisi pada 2017.

Menurutnya, untuk mencapai target ini, Nusa Penida perlu berbenah terutama di bidang pelayanan trasportasi. Selama ini, transportasi menuju pulau ini sering kali terkendala dengan jadwal keberangkatan, armada speedboat yang terbatas, banyaknya calo tiket yang menaikkan harga, hingga panjangnya antrian.

"Banyak antrian penyewaan speedboat membuat kualitas pariwisata Nusa Penida kurang dimata wisatawan," katanya, Sabtu (20/1/2018).

Founder Penidago.com Putu Krisna mengatakan pihaknya berinisiatif untuk memfasilitasi informasi berwisata dengan mudah, aman, dan efisien melalui satu media online. Lewat Penidago.com, calon penumpang dimungkinkan untuk mencari informasi tiket secara transparan, melakukan pemesanan, pembelian, sekaligus pembayaran online yang aman.

Inisiatif ini bermula dari pengalaman pribadi yang juga sering kali kesulitan mendapatkan tiket untuk menyebrang dari Bali daratan ke Pulau Nusa Penida. Apalagi, saat hari raya keagamaan, umat Hindu yang ingin bersembahyang ke Nusa Penida ditambah dengan wisatawan makin memperpanjang antrian. Sehingga waktu sering kali terbuang untuk membeli tiket yang kepastian untuk mendapatkannya tidak menentu.

"Saya kan asli Nusa Penida kadang kalau pulang susah dapat toket untung menyebrang nah itu juga yang dialami wisatawan," katanya.

Dia mengharpkan, selain mempermudah penyebrangan, wisatawan yang berencana menghabiskan waktu lebih lama di Nusa Penida tidak akan over budget karena telah didukung dengan harga tiket yang jelas. Selain itu, banyaknya calo tiket yang kerap menaikkan harga dapat diminimalisir sehingga memberi kesan postif pada pariwisata Nusa Penida.

Saat ini sudah ada 3 perusahaan speedboat yang bergabung dalam layanaan online Penidago.com yakni Caspla Bali Seaview dengan 4 kali keberangkatan yakni 2 kali Nusa Penida-Sanur dan 2 kali Sanur-Nusa Penida, Maruti Express dengan 8 keberangkatan yakni 4 kali Nusa Penida-Sanur dan 4 kali Sanur-Nusa Penida, dan Prasi Sentana dengan 7 keberangkatan yakni 4 kali Sanur-Nusa Penida dan 3 kali Nusa Penida-Sanur. Sekali keberangkatan, setidaknya menghabiskan waktu 30 menit hingga 1 jam. Keberangkatan dimulai dari 07.00 WITA hingga 16.00 WITA.

"Harapannya semoga Nusa Penida dipandang positif, kalau tidak transparan seperti menyediakan transportasi dengan ada calo maka buruk juga untuk pariwisata," sebutnya.

Cara pemesanan tiket melalui Penidago.com cukup dengan mengisi kolom pencarian. Setelah menekan tombol cari boat maka sistem akan secara otomatis melacak ketersedian seat. Calon penumpang hanya dapat memesan tiket 1 hari sebelum hari keberangkatan.

Selesai memilih speedboat yang diinginkan, calon penumpang kemudian mengisi formulir indentitas dan melakukan pembayaran yang dapat menggunakan kartu kredit maupun transfer seluruh bank. Perlu diketahui sistem menyediakan batas waktu pembayaran agar menjamin setiap transaksi aman. Jika pembayaran telah sukses dilakukan, maka sistem akan otomatis mengirimkan e-tiket.

Soal harga, Penidago.com menawarkan biaya yang relatif sama dengan nilai yang ditawarkan speedboat pada umumnya, yakni Rp75.000 untuk penumpang domestik dan Rp150.000 untuk wisatawan mancanegara.

"Semua harga merupakan harga yang diatur perusahaan speedboat dan calon penumpang harus mengisi dengan benar data pribadi apakah merupakan domestik atau internasional, karena akan meminta data KTP," katanya.

Tag : bali
Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top