Libur Natal, 400 Replika Kupu-kupu Hiasa Kawasan Candi Borobudur

Jumlah pengunjung Taman Wisata Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, meningkat pada libur Natal 2017 yang bersamaan dengan libur sekolah.
Newswire | 25 Desember 2017 12:49 WIB
Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama melambaikan tangan saat mengunjungi Candi Borobudur, di Magelang, Jawa Tengah, Rabu (28/6). - Antara/Anis Efizudin

Kabar24.com, MAGELANG - Jumlah pengunjung Taman Wisata Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, meningkat pada libur Natal 2017 yang bersamaan dengan libur sekolah.

Manajer Layanan Taman Wisata Candi Borobudur, A.Y. Suhartanto, di Magelang, Senin, mengatakan peningkatan jumlah pengunjung sudah terjadi sejak 16 Desember 2017 dengan mulai liburan anak sekolah.

Dia menyebutkan pada hari-hari biasa jumlah pengunjung berkisar 10.000 wisatawan, kini meningkat menjadi 25.000 hingga 30.000 wisatawan.

Pada libur Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 puncak kunjungan wisatawan diprediksi terjadi saat Tahan Baru.

"Berdasarkan pengalaman tahun lalu, puncak kunjungan terjadi pada Tahun Baru dengan jumlah pengunjung mencapai 47.000 orang," katanya.

Dia menuturkan kalau minggu-minggu kemarin pengunjung didominasi rombongan anak sekolah, pekan ini kemungkinan lebih didominasi rombongan keluarga.

Dalam menyambut liburan akhir tahun ini, pihaknya mempercantik kawasan Taman Wisata Candi Borobudur dengan pemasangan ratusan hiasan replika kupu-kupu di jalan masuk menuju candi Buddha terbesar di dunia tersebut.

Sekitar 400 replika kupu-kupu tersebut digantung dengan kawat panjang yang dihubungkan dengan sejumlah tiang di area "concourse" Taman Wisata Candi Borobudur.

"Pemasangan replika kupu-kupu tersebut, menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk swafoto di kawasan tersebut," katanya.

Berdasarkan pantauan, dengan meningkatnya jumlah pengunjung tersebut, area parkir kendaraan roda empat yang di kawasan Taman Wisata Candi Borobudur tidak mencukupi sehingga para pengunjung harus memarkir kendaraannya di kantong-katong parkir yang dikelola masyarakat di sekitar Candi Borobudur.

Sumber : Antara

Tag : candi borobudur
Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top