Ternyata, Masyarakat Milenial Masih Demen Kue Tradisional

Kegiatan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Kalimantan Utara kian melejit. UMKM Kaltara bersama FKS Group menyelenggarakan demo masak bagi pelaku UMKM di Tarakan.
Eldwin Saga | 14 Desember 2017 13:29 WIB
Chef Elvira Krisna saat demo masak - Bisnis.com/Eldwin Sangga

Bisnis.com, TARAKAN – Kegiatan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Kalimantan Utara kian melejit. UMKM Kaltara bersama FKS Group menyelenggarakan demo masak bagi pelaku UMKM di Tarakan.

Dikatakan Chef Elvira Krisna, sampai saat ini keinginan pasar untuk UMKM masih menginginkan jajanan pasar atau kue-kue tradisional.

"Kalau pelatihan membuat cake atau roti sudah biasa. Sekarang orang ingin banget dengan jajanan pasar, karena selalu dirindukan," kata Elvira kepada Bisnis, Kamis (14/12/2017).

Nah, cetusnya, bagaimana sih cara membuat kue tradisional yang nikmat di zaman yang sudah modern ini. Itulah yang menjadi tujuan dalam pelatihan demo masak kepada pelaku UMKM di Kaltara.

"Kita juga mau melestarikan budaya. Orang Indonesia jajanan pasarnya luar biasa banget," ujarnya.

Menurut Elvira, anak muda sekarang sangat senang dengan jajanan pasar, apalagi dikemas dengan modern.

Sehingga, pihaknya tidak hanya memberikan kue-kue tradisional yang biasa-biasa, tapi memberikan fusion food.

"Contohnya, kue klepon. Biasanya kue klepon isinya adalah gula merah. Tapi dengan fusion kami, isinya bisa diganti dengan keju, cokelat atau lainnya," ungkapnya.

Selain itu, kata dia, pembuatan kue tradisional menggunakan bahan baku tepung beras. Itu yang menjadi identitas pada jajanan pasar.

"Tidak menutup kemungkinan juga, tepung beras identik dengan jajanan tradisional. Tepung beras ketan juga. Dengan tepung berasdan tepung beras ketan, para pelaku UMKM juga dapat menjadikan bahan baku cake modern," tuntasnya.

Tag : kuliner
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top