Gunung Agung Erupsi: Pemerintah Badung Anggarkan Rp1 Miliar untuk Bantu Wisatawan

Bali Tourism Hospitality mendapat bantuan dana dari Pemerintah Badung sebesar Rp1 miliar dan Pemerintah Denpasar sebesar Rp100 juta untuk membantu wisatawan di Pulau Dewata.
Ni Putu Eka Wiratmini | 28 November 2017 20:09 WIB
Asap dan abu vulkanik menyembur dari kawah Gunung Agung di lihat dari Pura Besakih, Karangasem, Bali, Selasa (28/11).ANTARA FOTO - Nyoman Budhiana

Bisnis.com, DENPASAR – Bali Tourism Hospitality mendapat bantuan dana dari Pemerintah Badung sebesar Rp1 miliar dan Pemerintah Denpasar sebesar Rp100 juta untuk membantu wisatawan di Pulau Dewata.

Ketua Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Bali IB Agung Partha Adnyana mengatakan bantuan ini akan digunakan untuk menutupi kekurangan-kekurangan pelayanan ke wisatawan.

“Jika ada yang tercecer siapa tahu ada tamu yang tinggal di airport ini yang kita bantu dan inilah uang kita gunakan untuk membiayai,” katanya, Selasa (28/11/2017).

Walaupun demikian, hingga saat ini dana tersebut belum diturunkan karena masih melalui tahap proses administrasi.

Sementara, kata dia, pelaku pariwisata di Bali juga sudah memberikan pelayanan semaksimal mungkin dengan memberi gratis menginap semalam dan diskon berdasarkan best available rate ke wisatawan.

“Apa yang selama ini kita dapatkan dari pariwisata tidak ada apa-apanya dengan yang kita keluarkan saat ini dengan memberi one night free maupun diskon, ya ini hanya receh yang kita keluarkan bagi pelaku pariwisata,” sebutnya.

Ketua Persatuan Hotel dan Restoran (PHRI) Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati mengatakan negara yang mengeluarkan travel advisory menyebabkan beberapa wisatawan tidak mendapat pelayanaan terutama kesehatan.

Sehingga, dengan adanya dana bantuan ini, pihaknya bisa membantu wisatawan-wisatawan tersebut.

“Minimal bisa kita kasi makan dan juga yang sakit bisa kita berikan pelayanan rumah sakit maupun hotel,” katanya.

Tag : wisatawan, gunung agung
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top