Gubernur Bali Minta Pelaku Pariwisata Beri Diskon

Gubernur Bali Made Mangku Pastika meminta pelaku pariwisata di Pulau Bali untuk memberi diskon menginap kepada turis selama Bandara Ngurah Rai ditutup.
Ni Putu Eka Wiratmini | 27 November 2017 11:20 WIB
Calon penumpang menunggu jadwal penerbangan di Bandara Ngurah Rai Bali, Sabtu (25/11) malam. Sebanyak 17 jadwal penerbangan internasional dari dan menuju Bali dibatalkan karena dampak erupsi Gunung Agung. ANTARA FOTO - Wira Suryantala

Bisnis.com, DENPASAR - Gubernur Bali Made Mangku Pastika meminta pelaku pariwisata di Pulau Bali untuk memberi diskon menginap kepada turis selama Bandara Ngurah Rai ditutup.

Menurut Pastika penutupan Bandara Ngurah Rai bisa saja diperpanjang walalupun hingga saat ini, Bandara Ngurah Rai diwacanakan akan ditutup selama 24 jam.

"Airport tutup kita tidak tahu tutup sampai kapan, memang sekarang 24 jam atau sampai jam 7 besok, tapi memang tidak menutup kemungkinan diperpanjang lagi," katanya, Senin (27/11/2017).

Dikatakan, persiapan pemberian diskon hingga pemulangan wisatawan melalui jalur laut telah direncanakan saat Gunung Agung berstatus awas pertama kali. Hanya saja, saat ini pihaknya masih menunggu pernyataan kesiapan dan kesanggupan dari pelaku pariwisata.

"Yang paling gak enak yang duitnya pas-pasan, misalnya backpacker bisa nginap di sana, bisa penuh bandara," sebut Pastika.

Pastika pun memastikan wisatawan yang terhambat pergi ke luar Bali akan mendapatkan fasilitas  berupa perpanjangan tiket pesawat hingga visa, serta akomodasi  selama di Bali.

"Ya, tinggal menanyakan sekarang aja, waktu itu perencanaan sudah ada, sekarang bukan akan tapi terjadi, apalagi banyak turis backpacker duitnya pas-pasan, mau tinggal di mana, masak kita buatkan tenda," sebut Pastika.

Menurut Pastika inilah saat yang tepat bagi pelaku pariwisata di Bali untuk berkorban setelah selama ini mendapatkan keuntungan dari wisatawan. Untuk memastikan kesanggupan dari pelaku pariwisata, pihaknya mengatakan akan bertemu dalam waktu dekat.

"Dalam seminggu lah mau tidak mau dibantu, kita mengimbau pelaju pariwisata memberikan keringanan semaksimal mungkin," tambah Pastika.

Tag : gunung agung
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top