Danau Toba/Antara
Travel

Bangun Jalan Tol, Kualanamu-Danau Toba Cukup 2 Jam

Thomas Mola
Selasa, 21 November 2017 - 14:35
Bagikan

Bisnis.com, KUALANAMU - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengalokasikan Rp800 miliar hingga 2019 untuk mendukung pengembangan pariwisata Danau Toba. Dana tersebut digunakan untuk membangun jalan penunjang ke lokasi Danau Toba.

Paul Ames Halomoan, Kepala Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) II mengatakan Kementerian PUPR mendukung pengembangan pariwisata Danau Toba dengan pembangunan jalan. PUPR telah memiliki road map pembangunan akses jalan di kawasan pariwisata Danau Toba.

Dijelaskan, beberapa fokus utama pembangunan jalan nasional di kawasan Danau Toba meliputi jalan lingkar luar Pulau Samosir (145 km), jalan akses ke Bandara Sibisa (6 km), jalan akses ke Badan Otorita Danau Toba (4 km), dan jalan akses menuju Taman Bunga di Humbang Hasundutan.

"Jadi artinya dukungan untuk Danau Toba itu, kami akan bantu seluruhnya. Kalau Danau Toba seluruhnya kami hampir Rp800 miliar, 3 tahun sampai 2019," ujarnya di Kualanamu, Selasa (21/11/2017).

Seperti diketahui, beberapa kementerian hingga 2019 akan secara serempak menggarap pengembangan kawasan pariwisata Danau Toba. Anggaran untuk pengembangan Danau Toba yang tersebar di beberapa kementerian pada tahun 2018 meningkat pesat menjadi Rp1,1 triliun dari sebesar Rp375 miliar pada tahun ini.

Paul melanjutkan pariwisata Danau Toba nantinya akan ditopang juga oleh jalan tol. Setelah jalan tol Kualanamu-Medan-Tebing Tinggi dan Medan-Binjai rampung, Kementerian PUPR bakal melanjutkan jaringan tol dari Tebing Tinggi-Pematang Siantar-Parapat sepanjang 98,5 km.

"Nanti kalau itu selesai kan lebih enak lagi ke Danau Toba, cuma 2 jam [dari Kualanamu]," tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Thomas Mola
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro