Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wisata Bahari di Surabaya Kian Bergairah

Kedatangan kapal pesiar Seabourn Encore di Pelabuhan Tanjung Perak untuk ketiga kalinya mengundang banyak pengunjung ke Surabaya North Quay, Selasa (10/11/2017). Corporate Secretary PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III, Faruq Hidayat, mengatakan bahwa hal ini menunjukkan animo warga Surabaya pada wisata maritim sudah semakin tinggi.
Ilustrasi/Wisata bahari Anambas
Ilustrasi/Wisata bahari Anambas

Bisnis.com, JAKARTA — Kedatangan kapal pesiar Seabourn Encore di Pelabuhan Tanjung Perak untuk ketiga kalinya mengundang banyak pengunjung ke Surabaya North Quay, Selasa (10/11/2017).

Corporate Secretary PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III, Faruq Hidayat, mengatakan hal ini menunjukkan animo warga Surabaya pada wisata maritim sudah semakin tinggi.

Berdasarkan data Pelindo III, pada 2017 tercatat beberapa kapal pesiar yang telah singgah di Pelabuhan Tanjung Perak seperti MS. Seabourn Encore, MV. Volendam, MV. Artania, MS. Silver Shadow, dan MS. Genting Dreams dengan kapasitas 5000 pax yang baru akan singgah Desember 2017.

"Semakin besar, megah, dan mewah kapal pesiar yang singgah, maka jumlah turis mancanegara yang datang akan semakin banyak. Sehingga potensi ekonomi Surabaya North Quay sebagai sentra untuk memasarkan produk kerajinan Usaha Kecil Menengah (UKM) dan jajanan lokal pun semakin tinggi," ungkapnya pada Rabu (15/11/2017).

Pelindo III mengajak serta belasan UKM binaannya untuk membuka gerai dan menawarkan produk makanan dan kerajinan lokal kepada para turis cruise dan wisatawan lokal yang datang.

Seabourn Encore dengan bobot 40.350 GT, panjang 198 meter, dan lebar 25 meter tersebut sandar di Dermaga Jamrud Utara Pelabuhan Tanjung Perak tepat pukul 09.00 WIB dan lepas tali pada hari yang sama pukul 18.00 WIB. Kapal yang berbendera Bahamas tersebut membawa sekitar 450 penumpang.

"Sekitar 120 orang penumpang yang turun disambut oleh penampilan Tarian Reog Ponorogo yang meriah. Beberapa pasang Cak dan Ning Surabaya juga menyambut mereka dengan ramah, sembari menawarkan berbagai paket wisata seputaran Surabaya," kata Faruq.

Dia menambahkan Kota Surabaya semakin siap untuk menyerap peluang ekonomi dari kapal pesiar yang datang di Pelabuhan Tanjung Perak. Hal ini terlihat dari semakin beragamnya paket wisata yang ditawarkan pada para turis cruise.

Ada tiga paket wisata yang ditawarkan, pertama yaitu Surabaya Discovery Tour yang mengunjungi Patung Djoko Dolog – Balai Kota – Monumen Kapal Selam – Pasar Bunga Kayoon – House of Sampoerna.

Paket yang kedua merupakan ekowisata yang di-branding sebagai Mangrove Sea Side of Surabaya untuk mengunjungi budidaya bakau di Wonorejo Rungkut. Paket wisata yang ketiga ialah Trowulan Tour yang mengeksplorasi situs bersejarah Majapahit.

Sementara itu, para turis yang tidak menggunakan jasa biro wisata memilih untuk tetap berada di kapal atau menikmati fasilitas di Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara. Mulai dari free wifi, suaasana roof top lantai 3 dengan pemandangan pelabuhannya, serta adanya aneka gerai UKM yang berada di lantai 1, selain itu juga tersedia pusat jajanan dan makanan lokal.

"Kolaborasi antara kesiapan pelayanan pelabuhan prima oleh Pelindo III dan tersedianya beragam paket wisata yang ditawarkan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan menjadi sinergi bersama antara BUMN dan Pemerintah demi mengembangkan pariwisata di Kota Pahlawan," ujar Faruq.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler