Gerabah/wikipedia
Travel

Berkunjung ke Desa Kasongan, Jangan Lupa Belajar Gerabah di Tempat ini

Dika Irawan
Selasa, 31 Oktober 2017 - 06:42
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Desa Wisata Kasongan, Yogyakarta, dikenal sebagai desa pengerajin gerabah. Sesekali bila mampir ke sana, cobalah berlatih membuat gerabah di tempat pelatihan Nangsib Keramik.

Pemilik Nangsib Keramik Dicky Bisma Saputra mengatakan, latar belakang dibukanya pelatihan ini karena desanya merupakan pusat gerabah. Seringkali ada wisatawan yang ingin mencoba membuat kerajinan ini.

“Akhirnya, kami membuka tempat pelatihan. Sekarang ini pengunjungnya banyak sekali, mulai dari tingkat Paud hingga umum,” ujarnya, Senin (30/10/2017).

Dicky menuturkan, keberadaan tempat pelatihan ini secara tak langsung memberi pekerjaan bagi warga sekitar sebagai pelatih. Sedangkan bagi wisatawan, mereka bisa mendapatkan ilmu tentang membuat gerabah.

Untuk biaya pelatihan, ujar Dicky, tergantung dari jumlah peserta dan durasi pelatihan. Selain itu juga tersedia paket-paketnya. Kalau untuk standar, misalnya tiga sampai lima orang dewasa dengan durasi waktu satu jam, dikenakan biaya sekitar Rp75 ribu per orang.

“Durasi yang kami sediakan, 1 sampai d jam. Kalau ada yang ingin ikut pelatihan dari dasar sampai mahir, butuh waktu satu bulan.”

Dia menuturkan sejauh ini kebanyakan peserta berasal dari sekolah, mahasiswa, dan umum. Sebelum latihan, peserta terlebih dahulu diberi penjelasan mengenai gerabah dan sejarah Desa Kasongan. Hal ini diperlukan supaya mereka juga memiliki bekal pengetahuan tentang desa kami.

“Kebanyakan lokal. Namun wisatawan asing biasanya paling senang ketika ikut pelatihan gerabah ini.”

Untuk wisatawan asing ini, Dicky bekerjasama dengan penginapan-penginapan hotel. Jumlah wisman yang ikut pelatihan tidak tiap hari. Dalam seminggu, kurang lebih ada tujuh kunjungan.

“Materi pelatihan seputar membuat gerabah, sistem cetak dengan alat manual. Kalau Cuma kunjungan kami antar untuk melihat pengolahan bahan baku dan produk-produk. Kami tunjukan semuanya.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dika Irawan
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro