Berburu Restoran Halal di Beijing

Memilih jenis makanan di Beijing China menjadi salah satu hal yang cukup menantang bagi kaum muslim, karena mereka harus teliti memilih jenis makanan dan restoran yang menyediakan makanan yang halal
Mia Chitra Dinisari | 24 September 2017 09:07 WIB

Bisnis.com, BEIJING- Memilih jenis makanan di Beijing China menjadi salah satu hal yang cukup menantang bagi kaum muslim, karena mereka harus teliti memilih jenis makanan dan restoran yang menyediakan makanan yang halal

Namun, saat ini pilihan tersebut lebih banyak. Karena, restoran muslim saat ini sudah banyak ada di kota Beijing, bahkan di hotel-hotel besar juga saat ini memiliki restoran yang khusus untuk kaum muslim.

Misalnya saja di Xinjiang Plaza tempat saya menginap bersama delegasi Asean lainnya, juga terdapat restoran muslim.

Kali ini, saya akan membagikan pengalaman menikmati menu masakan di dua restoran muslim yang kami datangi dalam kunjungan ke Beijing kali ini.

Pertama, adalah restoran bernama Wangde Lou Menuyang ditawarkan di restoran ini mirip dengan masakan yang juga bisa saya temukan di Indonesia.

Menu yang kali ini kami rasakan adalah Chicken Kungpao, dan beef teriyaki, bebek peking, beef spicy dan tempura.

Selain itu, ada juga menu muslim khas China seperti sayur lotus, dan aneka dessert berupa kue-kue yang terbuat dari kacang-kacangan.

Yang menarik dari menu kali ini adalah adanya roti mirip roti bun bertabur wijen namun dengan tekstur lebih padat berwarna cokelat. Cara memakai roti inipun cukup unik yakni roti dibelah dan diisi dengan beef teriyaki sebagai isiannya.

Rasa dari menu di restoran ini cukup enak, dan cukup berempah, cocok bagi lidah orang Asia pada umumnya.

Restoran kedua adalah peking duck khusus muslim Zi Huang Yuan yang terletak di jalan Tuan Cie Hu. Di restoran ini yang terkenal adalah bebek pekingnya atau mereka sebut Kao Ya.

Selain bebek peking mereka juga menyediakan menu lainnya yang spesial yakni wild potato atau Shan Yao, Wheat flowers atau Chao Ge Da.

Secara umum rasa bebek pekingnya memang lezat. Kulitnya yang crispy dan disantap bersama gula pasir menambah citarasa perpaduan gurih dan manis yang menggoyang lidah.

Di restoran China umumnya mereka juga menyediakan yogurt sebagai dessertnya.

Tips memilih makanan di restoran di Beijing
1. Pilihlah restoran dengan keterangan muslim restoran, sehingga Anda bisa tidak akan waswas apakah makanan yang Anda pilih halal atau tidak
2. Untuk porsi makanan, biasanya satu porsi cukup untuk 3-4 orang. Jadi pesanlah secukupnya sebanyak orang yang ada dalam rombongan Anda.
3. Minuman yang disediakan umumnya berupa air putih, dan minuman bersoda seperti cola, sprite dan juga jus kelapa. Kalau Anda ingin minta yang lain, merekapun menyediakan sesuai permintaan.
4. Bookinglah tempat beberapa jam atau sehari sebelumnya, karena umumnya restoran ini selalu dipenuhi pengunjung.
5. Gunakan pakaian yang cukup nyaman, karena berdasarkan pengalaman kondisi restoran bisa membuat Anda cukup kepanasan karena penuhnya jumlah pengunjung.
6. Jika Anda ingin makan sambil menikmati suasana sekitar, pilihlah restoran yang terletak di dekat pusat wisata.

Tag : kuliner
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top