Ingin Liburan dengan Nuansa Beda? Ini Enam Lokasi Wisata Religi di Bogor

Wisata religi menjadi kegiatan yang sudah umum dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Kota-kota besar pun kerap menjadi tujuan dari wisata keagamaan tersebut.\n\n
Feni Freycinetia Fitriani | 21 September 2017 22:05 WIB
Vihara Dharma di Bogor - istmewa

Bisnis.com, JAKATA - Wisata religi menjadi kegiatan yang sudah umum dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Kota-kota besar pun kerap menjadi tujuan dari wisata keagamaan tersebut.

Bagi Anda yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya, ternyata kota Bogor memiliki objek wisata religi yang menarik, lho.

"Di kota hujan, Anda bisa berkunjung ke tempat wisata religi sesuai dengan keyakinan agama masing-masing. Bahkan para wisatawan yang datang ke tempat wisata religi di Bogor kebanyakan datang berkelompok atau dalam jumlah yang cukup banyak," ujar PR & Advertising Ezytravel Noor Aini Rachmawati dalam siaran pers, Kamis (21/9/2017).

Lantas, dimana saja letak rumah ibadah bisa dijadikan sebagai tujuan wisata di Bogor? Ini dia lokasi wisata religi dari beragam kepercayaan yang ada di kota Hujan.

1. Wisata Religi Masjid Raya Bogor

Lokasi rumah ibadah ini ada di Jl. Raya Pajajaran No. 10. Keberadaan Masjid Raya Bogor terbilang strategis sehingga Anda tidak akan kesulitan dalam mencari bangunan Islami tersebut. Jika dari pintu keluar Tol Jagorawi, maka Masjid Raya Bogor berada tempat di sampingnya. Tidak terlalu jauh dengan pusat kota Bogor.

Masjid Raya Bogor termasuk pula sebagai bangunan bersejarah karena rampung berdiri tahun 1979. Luas rumah ibadah umat muslim di kota Bogor ini lebih dari 4000 meter persegi. Gaya arsitektur masjid terlihat indah bersama ornamen bintang berbentuk segi delapan. Anda bisa mengunjungi Masjid Raya Bogor kapan saja karena rumah ibadah satu ini selalu terbuka untuk para jamaah muslim yang hendak beribadah. Bukan hanya itu, Anda juga dapat mencicipi beragam kuliner menarik di depan Masjid Raya Bogor.

2. Wisata Religi Masjid Agung Bogor

Selain Masjid Raya Bogor, Anda bisa juga mengunjungi rumah ibadah bernama Masjid Agung. Masjid ini berlokasi di kawasan Pasar Anyar, tepatnya berada di Jl. Dewi Sartika No 1A, Bogor. Berdasarkan sejarah, Masjid Agung Bogor berdiri di kawasan pasar dengan luas tanah mencapai 4000 meter persegi dan luas bangunan 2500 meter persegi.

Masjid Agung Bogor ada karena ditengah keprihatinan para ulama kota Bogor yang melihat lebih banyak berdiri gereja di banding Masjid. Sehingga pada tahun 1990 berdirilah Masjid Agung Bogor ini. Tidak perlu heran dengan hiruk-pikuk di sekitar Masjid Agung Bogor, hal itu sudah menjadi pemandangan umum setiap hari.

3. Wisata Religi Vihara Dharma

Bagi Anda yang menganut kepercayaan agama Budha, maka ada tempat wisata religi di Bogor untuk dikunjungi yaitu Vihara Dharma dan 8 Pho Sat. Lokasi rumah ibadah Budha ini berada di Desa Tonjong, Kabupaten Bogor, tepatnya ada di Kampung Jati. Anda bisa mencapai lokasi dengan bis pariwisata, mobil, minibus, maupun motor.

Vihara Dharma menjadi salah satu daya tarik wisata religi dikarenakan di dalamnya terdapat patung “Sleeping Budha” atau Budha Tidur dengan ukuran raksasa. Anda pun diperbolehkan untuk mengambil foto dengan latar belakang patung Budha Tidur tersebut. Peresmian Vihara Dharma berlangsung tahun 2012 yang dilakukan Direktur Jenderal Republik Indonesia Agama Budha.

4. Wisata Religi Gereja Katedral Bogor

Wisata religi lainnya yang bisa dikunjungi di Bogor masih banyak. Bagi penganut agama Nasrani, terdapat Gereja Katedral. Lokasi gereja ini berada di Jl. Kapten Muslihat No 22, Kec. Bogor Tengah. Pendirian rumah ibadah Katedral sendiri dilakukan oleh M.Y. Dominikus Claessens di tahun 1896. Gereja Katedral Bogor memiliki luas bangunan lebih dari 1200 meter persegi. Gaya arsitektur gereja terlihat klasik dengan kesan geometrik. Ini merupakan gereja peninggalan Belanda yang masih terjaga bentuk bangunannya.

5. Wisata Religi Klenteng Hok Tek Bio Bogor

Penganut keyakinan Kong Hu Chu bisa mengunjungi rumah ibadah di Bogor bernama Klenteng Hok Tek Bio. Klenteng ini berada di Bogor tepatnya di Jl. Suryakencana No. 1. Anda perlu memperhatikan lokasi secara pasti, sebab keberadaan klenteng ini seperti tersembunyi. Namun, asalkan sudah melihat ornamen merah khas klenteng, maka itulah Hok Tek Bio Bogor.

6. Wisata Religi Pura Parahyangan Bogor

Bogor tidak pilih kasih menyediakan rumah ibadah, untuk Anda yang menganut kepercayaan Hindu, maka berkunjunglah ke Pura Parahyangan. Pura ini terletak di kawasan Gunung Salak. Pemadangan Pura dikelilingi pohon-pohon hijau sangat menyejukkan mata. Keberadaan Pura Parahyangan mulai berdiri tahun 1995 silam. Di sana Anda juga bisa melihat candi dan bale.

Tag : wisata religius
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top