4 Langkah Strategis Atasi Rencana Liburan yang Batal

Anda berencana untuk berlibur ke Bali bersama keluarga. Tiket pesawat sudah dipesan dari jauh-jauh hari, juga hotel dan transportasi selama di Pulau Dewata.
MediaDigital | 11 September 2017 00:01 WIB

Anda berencana untuk berlibur ke Bali bersama keluarga. Tiket pesawat sudah dipesan dari jauh-jauh hari, juga hotel dan transportasi selama di Pulau Dewata. Cuti pun sudah disetujui kantor. Namun, beberapa hari sebelum keberangkatan, sebuah emergency yang tak bisa dihindarkan muncul sehingga rencana liburan pun terpaksa batal. Apa yang akan kamu lakukan?

Kejadian seperti ini tentunya tidak menyenangkan, dan tak bisa dipungkiri bisa terjadi pada siapa saja. Tapi, jangan sampai kekecewaan membuat Anda lupa untuk segera mengambil langkah-langkah penting dan strategis yang mungkin bisa membuat situasi ini sedikit lebih baik.

Bingung mulai dari mana? Simak tips berikut ini!

1. Beri kabar pada keluarga atau teman dekat

Jika sebelumnya ada keluarga atau teman yang sudah dari jauh-jauh hari menitip suatu barang, sebaiknya Anda memberi tahu tentang batalnya rencana traveling agar mereka bisa mencari orang lain untuk dititipkan. Hal ini juga penting untuk menjaga ekspektasi teman-teman yang mungkin sudah menanti-nantikan oleh-oleh dari destinasi liburanmu.

 2. Refund tiket pesawat

Periksa kembali apakah tiket pesawat yang Anda pesan bisa di-refund atau berapa persen uang Anda yang bisa dikembalikan oleh maskapai terkait jika ada pembatalan perjalanan.

Jika membeli tiket melalui online travel agent (OTA), Anda juga bisa memastikan perihal pembatalan dan refund ke pihak OTA. Ketika memesan tiket di Traveloka, misalnya, Anda bisa memanfaatkan layanan 30 Days Refund Guarantee yang ditawarkan. Dengan fitur Traveloka yang satu ini, biaya yang sudah dikeluarkan untuk booking pesawat akan dapat dikembalikan selambat-lambatnya 30 hari, bahkan bisa lebih cepat! Caranya, Anda hanya perlu login di Traveloka, klik My Booking, lalu Detail, dan kemudian mengisi lembaran refund yang nantinya akan langsung diproses. Mudah, bukan?

3. Hubungi agen perjalanan

Jika Anda menggunakan jasa tur di destinasi liburan, segera hubungi mereka dan beri tahu jika rencana liburan terpaksa batal. Tak menutup kemungkinan, Anda bisa mendapatkan uang Anda kembali atau mereka akan bisa menawarkan paket lain yang tak kalah menarik untuk lain kesempatan. Biasanya, jika Anda membatalkan, ada pula biaya yang harus dikeluarkan sebagai pengganti pembatalan.

4. Segera move on dari rencana traveling

Untuk meredakan rasa kesal, Anda bisa juga mengganti rencana liburan ke destinasi yang lebih dekat, seperti staycation di akhir pekan. Opsi lainnya adalah memindahkan rencana liburan yang tertunda ke waktu lain yang lebih memungkinkan sehingga liburan pun tetap jalan, walau waktunya saja yang sedikit bergeser.

Dengan tips di atas, Anda bisa setidaknya mengurangi kerugian materi Anda meski liburan terpaksa gagal. Yang pasti jangan kapok, siapkan kembali rencana liburan, karena seperti kata Rumi "Travel Bring powers and love back to your life". 

Tag : Traveloka
Editor : MediaDigital

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top