Kenali Kalimat Ini Saat Wisata ke Dubai

Dubai adalah kota yang penuh dengan keberagaman, dimana Anda dapat mendengar berbagai bahasa, mulai dari bahasa Inggris, Hindi, Urdu, dan Tagalog, walaupun bahasa resmi UEA adalah Bahasa Arab.
Agne Yasa | 12 Agustus 2017 09:30 WIB
Kota Dubai - emirates247.com

Bisnis.com, JAKARTA – Dubai adalah kota yang penuh dengan keberagaman, dimana Anda dapat mendengar berbagai bahasa, mulai dari bahasa Inggris, Hindi, Urdu, dan Tagalog, walaupun bahasa resmi UEA adalah Bahasa Arab.

Walaupun tidak ada keharusan bagi para wisatawan untuk belajar bahasa lokal, namun mengetahui beberapa kata dan frase lokal dapat menambah pengalaman dan interaksi Anda selama berlibur ke Dubai. Berikut ini beberapa frase lokal di Dubai.

Halo, apa kabar?

Bahasa Arab: Marhaba! Shlonak [jika berbicara kepada laki-laki] / Shlonik [jika berbicara kepada perempuan].

Pelafalan: Mar-ha-baa, Shlow-nak / Shlow-nik.

Frase ini cocok untuk memulai percakapan, baik di hotel, taksi, mal atau di restoran. Anda akan langsung disambut dengan senyum dan keramahan tradisional Emirati.

Dimana Burj Khalifa?

Bahasa Arab: Wein Burj Khalifa?

Pelafalan: Way-n Boor-jh Kha-lee-fa?

Perjalanan ke Dubai belum lengkap tanpa mengunjungi Burj Khalifa, gedung tertinggi di dunia.

Baik Anda ingin menikmati pemandangan dari lantai observatorium pada siang hari, atau melihat gedung yang berkilauan ini sebagai latar Dubai Fountain pada malam hari, Anda tidak akan kecewa. Frase ini juga dapat digunakan untuk destinasi yang lain.

Berapa harga satu bungkus shawarma?

Bahasa Arab: Kam haq el shawarma?

Pelafalan: Kahm huck el sha-wur-maa?

Mengunjungi Dubai juga tidak lengkap jika Anda tidak mencicipi shawarma. Sebuah jajanan klasik yang mengombinasikan daging ayam, kambing, atau sapi panggang dengan acar, kentang, dan saus bawang putih yang dibungkus dengan roti pita – dan dapat dibeli dengan harga yang sangat terjangkau, mulai dari AED 5 atau IDR18,000.

Apakah saya dapat memesan Karak chai?

Bahasa Arab: Kasset karak law samahet?

Pelafalan: Kahs-set Kuh-rak low Sa-ma-heth

Diterjemahkan secara luas sebagai ‘teh keras’, Karak chai adalah campuran dari teh hitam, susu, gula, dan kapulaga. Terinspirasi dari teh susu Asia Selatan‘masala chai’, teh yang wajib dicoba in telah menjadi bagian dari budaya Dubai, dan disajikan hampir di semua kafe di Dubai.

Dimana stasiun metro terdekat?

Bahasa Arab: Wein mahatat el metro?

Pelafalan: Way-n ma-ha-taath-il-metro?

Transporasi paling terjangkau untuk mengelilingi kota, Dubai Metro merupakan sebuah kereta tanpa masinis yang akan membawa Anda mengelilingi kota, dengan berbagai stasiun yang terletak pada destinasi utama, pusat perbelanjaan, dan bandara internasional Dubai.

Permisi, saya ingin pergi ke pantai

Bahasa Arab: Afwan, Weddy arouh el bahr

Pelafalan: Af-won, Widd-iy-aa-rooh-el-baa-hur

Adakah cara lain untuk bersantai di Dubai selain mengunjungi salah satu pantai berpasir emasnya? Anda dapat menikmati pemandangan air laut Telur Arab berwarna biru yang jernih selagi Anda berjemur, mencoba olahraga air, atau mencicipi jajanan atau hidangan di kafe dan restoran yang berada di pinggir pantai.

Dapatkah Anda memotret kami?

Bahasa Arab: Momken soura

Pelafalan: Mum-kehn soo-rah

Anda belum benar-benar berlibur jika belum memiliki foto sebagai buktinya – tinggalkan tongkat selfie dan minta tolong kepada penduduk lokal untuk membantu Anda mengabadikan momen terbaik Anda selama di Dubai.

Apakah Anda bisa memberikan harga yang lebih murah?

Bahasa Arab: Akher se’er?

Pelafalan: Aa-kher-saa-er?

Walaupun frase ini tidak banyak membantu Anda saat berbelanja barang dengan harga tetap di mal, namun Anda tetap dapat menawar di pasar tradisional, souk Dubai. Baik Anda membeli tekstil, emas, rempah-rempah atau parfum, gunakan frase ini untuk memulai pembicaraan dan dapatkan barang yang Anda inginkan dengan harga yang sesuai.

Maaf, saya tidak dapat berbahasa Arab.

Bahasa Arab: Afwan, ma ahki Arabi

Pelafalan: Af-won, Maa ah-key Ara-bee

Walaupun hampir semua penduduk lokal dapat berbicara menggunakan Bahasa Inggris, namun tidak ada salahnya untuk mengetahui beberapa frase yang sering digunakan di Dubai. Mungkin saja nanti Anda akan membutuhkannya.

Beberapa frase yang perlu diketahui dan dapat digunakan di Dubai:

Shukran [Shook-run] – Terima kasih

Hayakoum [Hay-yah-koom] – Selamat datang

Yalla! [Yull-ah] – Ayo!

Habibi [ha-bee-bee] (untuk laki-laki) / habibti [ha-beeb-ti] (untuk perempuan) – kata sayang yang dapat diterjemahkan sebagai ‘kekasihku’

Inshallah [In-sha-al-lah] – Jika Tuhan berkehendak

Wallah [Wull-lah] – Saya janji

Tag : dubai, destinasi wisata
Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top