Koper di bandara./Istimewa
Travel

Begini Cara Agar Koper Tidak Hilang di Bandara

Newswire
Kamis, 6 Juli 2017 - 17:43
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Sematang apapun persiapan saat melancong, kadang ada yang melenceng dari rencana. Salah satu mimpi buruk bagi tiap pelancong adalah kehilangan koper.

Memang tidak mungkin mengontrol keberadaan koper begitu sudah masuk area checked luggage, tapi ada beberapa tindakan pencegahan yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kemungkinan barang bawaan tiba di tujuan.

Koper sering kali hilang saat penerbangan lanjutan (connecting flight). Jika memungkinan, pilih penerbangan langsung untuk mengurangi risiko kehilangan koper. Bila memang harus naik penerbangan lanjutan, pastikan ada cukup waktu untuk bagasi pindah ke pesawat selanjutnya.

Pelancong harus mencamkan bahwa mereka bukan satu-satunya orang yang melakukan kontak dengan kopernya. Ada kemungkinan kesalahan manusia terjadi sehingga koper mereka tidak sampai ke tujuan.

Di konter, pastikan petugas memasang label yang benar di koper. Pasang penanda seperti pita, pin atau tag unik agar bisa langsung mengenali koper dan mengurangi risiko ada orang lain yang tak sengaja mengambil karena mirip dengan kopernya.

Dilansir Travel and Leisure, jangan lupa mencopot semua tag dan stiker dari perjalanan yang sudah lewat agar koper tidak berakhir di tempat yang salah. Bereskan semua tali yang menjuntai (misalnya tali bahu) agar tidak tersangkut di ban berjalan dan membuat tas keluar dari jalur.

Yang pasti, kiat terbaik saat berkemas adalah selalu berasumsi ada kemungkinan koper hilang di jalan. Untuk berjaga-jaga, pelancong sebaiknya tidak mengemas barang-barang sentimental dan tak tergantikan.

Tentunya jika memang hal terburuk terjadi dan barang bawaan Anda hilang, jangan lupa segera melapor ke petugas maskapai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro