Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Surabaya Akan Miliki Kebun Raya Bakau Pertama di Indonesia

Pemerintah Kota Surabaya, Jawa Timur menyiapkan empat lokasi Kebun Raya Bakau di kawasan pantai timur Surabaya
Newswire
Newswire - Bisnis.com 30 Juni 2017  |  16:02 WIB
Hutan bakau atau mangrove - Istimewa
Hutan bakau atau mangrove - Istimewa

Bisnis.com, SURABAYA--Pemerintah Kota Surabaya, Jawa Timur menyiapkan empat lokasi Kebun Raya Mangrove di kawasan pantai timur Surabaya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Surabaya Djoestamadji, di Surabaya, Jumat (30/6/2017), mengatakan empat lokasi yang akan dipilih sebagai lokasi kebun raya di pantai timur Surabaya (Pamurbaya) adalah Rungkut, Gunung Anyar, Sukolilo, dan Wonorejo.

"Tidak semua dari 2.500 hektare kawasan Pamurbaya yang akan dijadikan kebun raya mangrove ini, melainkan hanya 40 hektare saja," ujarnya.

Pemerintah pusat melalui Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) sudah memberikan persetujuan agar Kota Surabaya menjadi rujukan penelitian hutan mangrove dengan membentuk kebun raya khusus tanaman bakau. Kebun Raya Mangrove ini akan menjadi yang pertama di Indonesia.

"Bagi yang ingin mengetahui tentang tanaman bakau, jenis, pengembangbiakan dan juga pemanfaatan mangrove bisa datang ke kebun raya yang dibuka untuk umum," katanya.

Pembangunan Kebun Raya Mangrove akan dimulai pada 2018. Saat ini, DKPP menyiapkan lahan dan beragam jenis mangrove yang sudah ditanam di sana.

Sejauh ini setidaknya ada puluhan jenis mangrove yang ada di Pamurbaya, seperti di kawasan Wonorejo mulai jenis Sonneratia Alba, Avicennia Alba, Rhizophora Apiculata dan banyak lagi.

Selain itu kawasan mangrove juga dijadikan tempat tinggal ratusan jenis burung, mulai Bubut Jawa, Raja Udang, Kuntul, Pecul ular hingga trinil dan banyak lagi. 

"Untuk pembangunan kebun raya ini yang akan mengerjakan ada dari LIPI, Kementerian PU, dan juga DKPP dan pemkot. Selain itu perguruan tinggi di Surabaya juga akan dilibatkan," ujar Djoestamadji.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bakau
Editor : Ratna Ariyanti
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top