Ini Aneka Menu yang Dipesan Obama Seharga Rp3 Juta di Sasanti Resto Jogja

Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama dan keluarga makan malam di Sasanti Resto Jogja di Jalan Palagan Tentara Pelajar Km 8 Yogyakarta, Kamis (29/6/2017) malam
Newswire | 30 Juni 2017 06:03 WIB
Tumpeng merah putih - Antara

Bisnis.com, YOGYAKARTA -- Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama dan keluarga makan malam di Sasanti Resto Jogja di Jalan Palagan Tentara Pelajar Km 8 Yogyakarta, Kamis (29/6/2017) malam.

Pemilik Sasanti Resto, Emmy Pratiwi saat ditemui seusai menerima kunjungan Obama mengaku tidak menduga bakal kedatangan mantan Presiden ke-44 Amerika Serikat itu.

Menurut Emmy, menu yang dipesan Obama adalah nasi campur Nusantara serta tahu, tempe. Nasi Nusantara dihidangkan seperti nasi tumpeng yang terdiri atas nasi merah, kuning, dan putih dengan dikelilingi beragam lauk khas Bali, Sulawesi, Padang, dan Jawa.

Sedangkan Michelle Obama memesan nasi goreng kampung yang merupakan nasi goreng biasa yang dihidangkan dengan campuran cabai, bawang merah, ayam, kerupuk, dan telur. Sementara kedua puterinya memesan chicken salad dan dill chicken salad. Harga total menu yang dipesan mencapai Rp3 juta.

"Ini benar-benar menu biasa. Tadi di meja Obama juga ada yang memesan satu cangkir kopi tubruk," kata dia.

Head Service Sasanti Resto Annas Irfani mengatakan sebelum hidangan disajikan tidak ada pengecekan keamanan masakan terlebih dahulu dari pihak tim keamanan Obama. Padahal, untuk pejabat-pejabat VVIP lainnya, menurut Annas biasanya menyertakan tim dari BPOM untuk mengecek keamanan dan kesehatan makanan.

"Tidak ada pengecekan, malah dapur kami baru dicek setelah mereka selesai makan," kata dia.

SIMAK : 5 Untung Menikahi Wanita Lebih Tua

Selain Obama, menurut dia, sebelumnya Sasanti Resto memang kerap menerima kunjungan tamu-tamu VVIP, di antaranya Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Jusuf Kalla, Susilo Bambang Yudoyono, Gus Dur, serta BJ Habibie.

"Katanya pihak Obama meminta rekomendasi restoran dari pihak hotel tempatnya menginap merekomendasikan Sasanti. Kami memang mengangkat menu-menu khas Nusantara," kata dia.

Obama dan keluarga kembali menuju tempat penginapan di Hotel Tentrem pukul 20.15 WIB dengan pengawalan ketat. Setelah selesai berlibur di Yogyakarta, Obama dijadwalkan bertolak menuju Bogor, Jawa Barat pada Jumat (30/6/2017) untuk bertemu Presiden Joko Widodo.

Sumber : Antara

Tag : obama
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top