Belajar Sejarah Surabaya Bersama Tur SHT, Catat Jadwalnya!

Salah satu hal yang paling menarik untuk dieksplorasi ketika berkunjung ke suatu tempat adalah wisata sejarah di daerah tersebut.
Tim Jelajah Jawa-Bali 2017 | 28 Juni 2017 08:47 WIB
Bus Tur SHT - Bisnis - Wike D. Herlinda

Bisnis.com, SURABAYA - Salah satu hal yang paling menarik untuk dieksplorasi ketika berkunjung ke suatu tempat adalah wisata sejarah di daerah tersebut.

Demikian pula yang dilakukan tim Bisnis Indonesia Liputan Lebaran: Jelajah Jawa-Bali saat singgah di Ibu Kota Jawa Timur, Surabaya.

Di kawasan Kota Lama wilayah Surabaya Utara, terdapat museum House of Sampoerna yang menjadi salah destinasi yang paling direkomendasikan oleh Trip Advisor di Kota Pahlawan.

Selain menyuguhkan museum yang menampilkan sejarah napak tilas raja kretek H.M Sampoerna berikut atraksi melinting rokok secara manual di bekas pabrik pertama Sampoerna, museum bergaya kolonial modern itu menyediakan fasilitas tur sejarah kota yang diberi nama Surabaya Heritage Track (SHT).

Setiap harinya House of Sampoerna yang berlokasi di Jalan Taman Sampoerna No. 6 itu menggelar tur singkat tematik untuk menjelajahi kawasan-kawasan bersejarah di bilangan Kota Lama, Surabaya Utara.

Melalui program SHT, pengunjung diajak naik bus pariwsata yang nyaman. Namun, untuk bisa menikmati tur, peserta harus mendaftarkan diri karena jumlah peserta tur untuk sekali keberangkatan dibatasi antara 10-15 orang.

Fasilitas tur sejarah dengan pemandu berpengalamann ini tidak dipungut biaya dan setiap hari terdapat jadwal tur tematik yang dilalui oleh bus SHT selama rentang waktu kurang lebih satu jam. Misalnya saja tur Babad Surabaya, yang melewati kawasan-kawasan sarat nuansa sejarah dan keragaman budaya di Surabaya.

Setiap Senin-Kamis pukul 9.00 WIB -10.00 WIB, program SHT menawarkan rute tematik 'Surabaya-The Heroes City' yang melewati bangunan-bangunan monumental seperti Tugu Pahlawan dan kantor peninggalan pemerintah kolonial di PTPN XI.

Sementara itu, pada pukul 13.00 WIB -14.00 WIB, rute SHT memiliki tema 'Surabaya-The Trading City'. Rute ini melewati situs pecinan seperti klenteng Hok Ang Kip g dan Bank Escompto.

Pada pukul 15.00 WIB -16.30 WIB, tema SHT yang ditawarka adalah 'Surabaya During The Dutch Occupation' yang mencakup kunjungan ke Kantor Pos Kebonrojo, Gereja Kepanjen, dan eks De Javasche Bank yang kini menjadi aset Bank Indonesia.

Adapun, pada akhir pekan (Jumat-Minggu) pukul 09.00 WIB -10.30 WIB, rute tematim SHT adalah 'Exploring Surabaya' yang meliputi persinggahan di Balai Pemuda, Balai Kota, hingga eks De Javasche Bank.

Selanjutnya, pada pukul 13.00 WIB-14.30 WIB temanya adalah 'Surabaya-The Heroes City'. Hanya saja kali ini rutenya meliputi makam Bung Tomo di Gedung Nasional Indonesia (GNI), Tugu Pahlawan, dan kantor PTPN XI.

Rute terakhir di akhir pekan pada pukul 15.00 WIB -16.30 WIB memiliki tema 'Babad Surabaya' yang melewati kawasan bekas kerajaan alias Kampung Kraton, Balai Kota, dan gedung kesenian Cak Durasim.

Tim Peliput:

Wike D. Herlinda, Hadijah Alaydrus, Ashari Purwo, Gemal Abdel Nasser

Sumber : Tim Jelajah

Tag : mudik lebaran
Editor : Riendy Astria

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top