Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Inilah Sirop Tertua di Indonesia, Minuman Bangsawan Belanda

Ada banyak oleh-oleh yang bisa diborong jika sedang mampir ke Surabaya. Salah satu yang direkomendasikan oleh tim Bisnis Indonesia Liputan Lebaran: Jelajah Jawa-Bali (LL-JJB) 2017 adalah sirop bersejarah merek Siropen Telasih Surabaya.
Tim Jelajah Jawa-Bali 2017
Tim Jelajah Jawa-Bali 2017 - Bisnis.com 28 Juni 2017  |  11:44 WIB
Inilah Sirop Tertua di Indonesia, Minuman Bangsawan Belanda
Sirop tertua di Indonesia, Siropen, minuman khas dari Surabaya. - Bisnis.com/ Tim Jelajah Jawa/Bali
Bagikan

Bisnis.com, SURABAYA -- Ada banyak oleh-oleh yang bisa diborong jika sedang mampir ke Surabaya. Salah satu yang direkomendasikan oleh tim Bisnis Indonesia Liputan Lebaran: Jelajah Jawa-Bali (LL-JJB) 2017 adalah sirop bersejarah merek Siropen Telasih Surabaya.

Sirop legendaris ini berlokasi di Jalan Mliwis No. 5, di kawasan Kota Lama Surabaya Utara. Di tempat yang sama juga berdiri pabrik asli dari perusahaan tersebut, yang kini dijadikan sebagai bangunan cagar budaya.

Pabrik Siropen peninggalan kolonial Belanda tersebut dibangun oleh JC Van Drongelen Hellfach pada 1923. Menariknya, bangunan bergaya Eropa kuno yang masih aktif hingga sekarang itu merupakan pabrik sirop tertua di Indonesia.

Konon, dulunya minuman limun Siropen Telasih ini tidak diperjualbelikan secara bebas, karena hanua disajikan bagi para pejabat kolonial Hindia Belanda dan para bangsawan. Warga pribumi pada waktu itu tidak diperkenankan menikmati minuman tersebut.

Baru pada 1945, seluruh aset peninggalan kolonial dinasionalisasi oleh Presiden Soekarno. Mulai dari saat itulah, sirop buatan Siropen Telasih yang menjadi kegemaran warga Belanda dan Jepang itu bisa dijual bebas.

Sejak 1962, pabrik sirup legendaris itu diambil alih oleh Pemprov Jawa Timur. Baru pada 2002, pabrik bersejarah ini dikelola oleh PT Pabrik Es Wira Jatim.

Kini, Siropen Telasih banyak diincar sebagai oleh-oleh khas Surabaya. Jika Anda membeli langsung dari pabrik di Jalan Mliwis, Anda bisa melihat bagaimana sirup tersebut masih dibuat dengan cara tradisional dengan peralatan dari zaman kolonial Belanda guna melestarikan cita rasa otentiknya.

Jadi, jika Anda sedang singgah ke Kota Pahlawan, jangan lupa membeli oleh-oleh sirop legendaris yang menggunakan bahan alamo tanpa pengawet dan pemanis buatan ini.

Terdapat dua pilihan label yang bisa dipilih, yaitu Siropen Telasih dan Siropen Peemium.

Siropen Telasih adalah sirup klasik yang ditawarkan dalam varian rasa vanila, melon, jeruk keprok, leci, frambosen, cocopandan, dan arbei. Sementara itu, Siropen Premium dijual dalam botol kaca yang menyerupai kemasan wine (anggur), dan kerap dijadikan buah tangan bagi wisatawan mancanegara.

(Tim LL-JJB: Wike D. Herlinda, Hadijah Alaydrus, Ashari Purwo, Gemal Abdel Nasser)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kuliner

Sumber : Tim Jelajah

Editor : Nancy Junita
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top