Tahu Tek, Kuliner Favorit Warga Surabaya

Surabaya dikenal sebagai surga kuliner. Ada begitu banyak makanan lezat di Ibu Kota Jawa Timur, mulai dari yang tradisional hingga kekinian.
Tim Jelajah Jawa-Bali 2017 | 28 Juni 2017 07:08 WIB
Aneka menu makanan. - REUTERS/Edgar Su

Bisnis.com, SURABAYA - Surabaya dikenal sebagai surga kuliner. Ada begitu banyak makanan lezat di Ibu Kota Jawa Timur, mulai dari yang tradisional hingga kekinian.

Di Surabaya, mayoritas kuliner tradisionalnya mengandung bumbu berbahan dasar petis udang. Selain rujak cingur dan tahu campur, makanan berpetis lain yang sangat terkenal dari Surabaya adalah tahu tek.

Tim Bisnis Indonesia Liputan Lebaran: Jelajah Jawa-Bali (LL-JJB) 2017 merekomendasikan Tahu Tek Pak Jayen yang berlokasi di Jalan Raya Dharmahusada jika Anda sedang singgah di Surabaya dan ingin mencicipi makanan khas setempat.

Tahu tek ini sekilas menyerupai menu tahu telor pada umumnya, hanya saja bumbu pelengkapnya bercita rasa sangat gurih dan terdiri atas campuran petis, kacang, bawang putih, dan bumbu-bumbu lain yang diulek di cobek hingga halus.

Bumbu itu disiramkan di atas tahu yang digoreng denga telur, potongan lontong, dan irisan kentang. Di atasnya diberi taburan tauge dan kerupuk udang yang renyah.

Tahu tek Pak Jayen selalu ramai dikunjungi para penikmat kuliner setiap harinya. Mayoritas pengunjung memesan tahu tek dengan tingkat kepedasan ekstra. Maklum saja, sebagian besar warga Surabaya adalah penggemar makanan pedas.

Tidak sedikit pengunjung yang memesan tahu tek dengan bumbu yang diberi cabai hingga di atas 10 buah. Menurut mereka, rasa pedas memberi keseimbangan yang nikmat pada bumbu petis yang dituang di atas potongan tahu dan lontong.

Jika tertarik menikmati tahu tek Pak Jayen, Anda bisa berkunjung pada kisaran pukul 16:00 WIB hingga 23:00 WIB. Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau, yaitu Rp13.000 per porsi.

Tim Peliput::

Wike D. Herlinda, Hadijah Alaydrus, Ashari Purwo, Gemal Abdel Nasser

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kuliner

Sumber : Tim Jelajah

Editor : Riendy Astria

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top