lontong balap Pak Gendut Surabaya -  Bisnis/Wike D. Herlinda
Kuliner

Mudik ke Surabaya, Yuk Cicipi Lontong Balap!

Tim Jelajah Jawa-Bali 2017
Rabu, 28 Juni 2017 - 06:59
Bagikan

Bisnis.com, SURABAYA - Jika Anda kebetulan sedang melangsungkan kegiatan mudik atau balik dari kampung halaman dan melintasi Kota Surabaya, jangan sampai lupa untuk mampir dan mencicipi sajian lontong balap.

Ada banyak penjaja lontong balap di Kota Pahlawan. Namun, salah satu yang menjadi rekomendasi tim Bisnis Indonesia Liputan Lebaran: Jelajah Jawa-Bali (LL-JJB) 2017 adalah warung Lontong Balap Pak Gendut yang berlokasi di seberang kantor PDAM Surabaya di Jalan Prof. Dr. Moestopo.

Lontong Balap Pak Gendut begitu digemari oleh warga Surabaya sejak 1958. Makanan ini sebenarnya cukup sederhana; yaitu berupa sepiring sayur tauge, irisan tahu, dan lontong yang disiram denga kuah khas berbumbu petis, bawang putih, cabai, dan taburan bawang merah goreng.

Sebagai pelengkap, lontong balap biasanya disajikan dengan sate kerang bumbu petis yang pedas serta lento. Lento untuk lontong balap berbeda dengan lento yang digunakan pada menu tahu campur.

Lento untuk lontong balap dibuat dari campuran kacang kedelai dan tepung yang diberi bumbu gurih-pedas, dibentuk bola-bola, lantas digoreng hingga berwarna coklat tua.

Mudik ke Surabaya, Yuk Cicipi Lontong Balap!

Tidak hanya cita rasa dan kelezatannya saja yang membuat makanan ini begitu terkenal. Cerita dibalik lontong balap pun begitu unik.

Konon, pada zaman dahulu para penjual makanan ini membawa dagangannya di dalam semacam kuali atau gentong berukuran besar yang dipikul. Saking beratnya beban yang dipikul, mereka terpaksa harus berjalan cepat-cepat agar tidak terasa sakit di pundah.

Di antara para pedagang yang berjalan cepat-cepat ini lantas timbul semacam persaingan untuk saling berpacu atau adu cepat sambil memikul gentongnya. Mereka balapan. Dari sanalah kemudian makanan itu dikenal sebagai lontong balap.

Tim Peliput:

Wike D. Herlinda, Hadijah Alaydrus, Ashari Purwo, Gemal Abdel Nasser

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Riendy Astria
Sumber : Tim Jelajah
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro