Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Besok, Obama Kunjungi Borobudur & Prambanan : 1 SSK TNI AU Siaga

Pengelola Candi Borobudur dan Prambanan bersiap menyambut presiden Amerika Serikat ke-44, Barack Hussein Obama.Pengawalan khusus VVIP disiapkan oleh pihak Komando Resor Militer Pamungkas dan pengamanan kedatangan di Bandar Udara Adisutjipto disiapkan satu SSK (satuan setingkat kompi-100 an personel) TNI Angkatan Udara.
Borobudur/Istimewa
Borobudur/Istimewa

Bisnis.com, YOGYAKARTA -- Pengelola Candi Borobudur dan Prambanan bersiap menyambut presiden Amerika Serikat ke-44, Barack Hussein Obama.

Pengawalan khusus VVIP disiapkan oleh pihak Komando Resor Militer Pamungkas dan pengamanan kedatangan di Bandar Udara Adisutjipto disiapkan satu SSK (satuan setingkat kompi-100 an personel) TNI Angkatan Udara.

Dengan kunjungan ke Borobudur dan Prambanan itu, menurut Ahmad Mukhlis, Sekretaris Perusahaan PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko, semakin mengukuhkan peninggalan bersejarah ini di mata dunia. Mantan presiden Amerika Serikat dan keluarga itu akan mengunjungi Yogyakarta dan sekitarnya 28-30 Juni 2017.

Sebelumnya, Obama dan keluarga mengunjungi pulau Bali.

"Pada 2014 sebenarnya Obama dan keluarga akan mengunjungi Borobudur, tetapi hanya adiknya saja yang datang. Kami siap menyambut untuk kedatangannya kali ini," kata Mukhlis, Selasa (27/6/2017).

Dua candi ini memang menjadi favorit wisatawan. Di libur panjang ini ratusan ribu pengunjung akan mendatangi peninggalan zaman dulu itu. Saat Obama datang, suguhan aneka atraksi budaya digelar.

Memang ketika libur lebaran ini atraksi budaya di dua candi besar ini sedang berlangsung.

Pihak pengelola candi sudah menyiapkan buku kenang-kenangan tentang Candi Borobudur, Prambanan dan Boko. Selain itu juga disiapkan lembar testimoni atas kunjungan mantan orang nomor satu di negeri Paman Sam ini.

"Pengamanan VVIP sudah disiapkan, kami tidak menutup kunjungan wisata lainnya, saat Obama datang mungkin di-block saja saat rombongan mereka datang," kata dia.

Untuk kepastian jam kedatangan Obama ke Yogyakarta, kata dia, saat ini masih dikoordinasikan di Markas Komando Resor Militer. Sedangkan kedatangan di Bandar Udara Adisutjipto sudah dilakukan latihan penyambutan oleh tentara, pengamanan samping oleh polisi dan-lain-lain.

"Satuan Setingkat Kompi kami siapkan untuk pengamanan standar untuk tamu VVIP," kata Kepala Penerangan dan Perpustakaan Pangkalan Udara Adisutjipto Mayor (Sus) Giyanto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler