Legitnya Oleh-Oleh Lapis Kukus Pahlawan Surabaya

Banyak orang yang menggemari kelezatan bolu lapis Surabaya, yang terkenal dengan ciri khas warna kuning-cokelat-kuning.
Tim Jelajah Jawa-Bali 2017 | 27 Juni 2017 15:56 WIB
Ilustrasi: Kue lapis legit - barukue.com

Bisnis.com, SURABAYA - Banyak orang yang menggemari kelezatan bolu lapis Surabaya, yang terkenal dengan ciri khas warna kuning-cokelat-kuning.

Namun, selain lapis Surabaya klasik yang diolah dengan cara dipanggang dalam oven, beberapa tahun belakangan muncul oleh-oleh khas Surabaya yang melejit dan laris manis. Namanya adalah lapis kukus Pahlawan Surabaya.

Seperti namanya, bolu lapis asli Kota Pahlawan ini diolah dengan cara dikukus sebagai variasi dari kue lapis tradisional.

Oleh-oleh kekinian ini menjadi tren di kalangan wisatawan yang mampir ke Surabaya untuk membawa pulang buah tangan lhas dengan harga terjangkau.

Berbeda dengan lapis tradisional, bolu lapis kukus Pahlawan Surabaya dijajakan ke dalam beberapa varian rasa. Misalnya saja; original, blueberry, cocopandan, serta keju.

Harganya pun terjangkau, antara Rp26.000-Rp29.000/boks. Setiap bolu dikemas ke dalam kotak karton yang praktis untuk dibawa sebagai hantaran atau oleh-oleh.

Kue khas Surabaya ini terbuat dari bahan baku singkong dan tepung terigu yang diolah secara modern, lengkap dengan tambahan topping krim susu nan lembut dan parutan keju yang berlimpah.

Bagi yang menyukai cita rasa otentik, bisa memilih varian original yang menggunakan lapisan berbahan dasar kuning telur, sehingga menghasilkan tekstur kek yang lembut dan legit.

Ada juga varian cocopandan dan coklat yang beraroma wangi dan bertekatur lumer pada bagian tengahnya, sehingga membuat ketagihan.

Bagi penyuka rasa kekinian, ada varian teh hijau dan blueberry, sedangkan penyuka keju bisa memilih varian cheese yang berbahan dasar kuning telur dan campuran keju yang sangat banyak.

Kue yang cocok dijadikan sebagai oleh-oleh khas Surabaya ini mampu bertahan hingga 2-3 pekan di suhu ruang.

Satu boks bolu lapis Pahlawan Surabaya bisa dipotong-potong menjadi 16-20 bagian yang ideal untuk konsumsi 5-6 orang.

Bolu yang dijual di Jalan Pasar Genteng Surabaya ini juga pas dijadikan teman minum teh atau kopi di pagi atau sore hari, maupu suguhan untuk para tamu yang bertandang ke rumah. Tertarik? Mampirlah ke Surabaya.

Program liputan ini didukung oleh: Toyota Astra Motor, Bank Negara Indonesia, AirNav Indonesia, Astra Honda Motor, ASDP Indonesia Ferry, GWK Cultural Park, Jambuluwuk Hotel & Resorts, Bank Jatim, V-Kool Indonesia, XL Axiata, Coco Group, dan  Perkebunan Nusantara XI.

Tim Bisnis Indonesia LL-JJB 2017, Ashari Purwo, Gemal Nasser, Hadijah Alaydrus, Wike D. Herlinda.

Tag : kuliner
Editor : Hendra Wibawa

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top