Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemkot Yogyakarta Buka Pos Layanan Informasi Turis

Pemerintah Kota Yogyakarta menyiapkan Tourist Information Service untuk memberikan pelayanan kepada wisatawan yang menghabiskan libur Hari Raya Idulfitri 1438 Hiriyah di Yogyakarta.
Wisatawan menikmati suasana sore di situs Candi Ratu Boko, Prambanan, Sleman, Yogyakarta, Sabtu (15/4)./Antara-Hendra Nurdiyansyah
Wisatawan menikmati suasana sore di situs Candi Ratu Boko, Prambanan, Sleman, Yogyakarta, Sabtu (15/4)./Antara-Hendra Nurdiyansyah

Bisnis.com, YOGYAKARTA -- Pemerintah Kota Yogyakarta menyiapkan Tourist Information Service untuk memberikan pelayanan kepada wisatawan yang menghabiskan libur Hari Raya Idulfitri 1438 Hiriyah di Yogyakarta.

"Kami membuka pos Tourist Information Service (TIS) di depan pintu Hotel Inna Garuda sisi selatan," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Yunianto Dwi Sutono di Yogyakarta, Senin (26/6/2017).

Pos Tourist Information Service akan dioperasionalkan selama lima hari mulai Kamis (29/6) hingga 3 Juli dengan jam pelayanan mulai pukul 08.00 WIB hingga 20.00 WIB.

"Tujuannya adalah memberikan berbagai informasi dan jasa kepariwisataan bagi wisatawan yang berkunjung ke Kota Yogyakarta agar mereka merasa nyaman saat berwisata dan meminimalisasi keluhan," kata Yunianto.

Sejumlah keluhan yang biasanya disampaikan wisatawan saat berwisata di Kota Yogyakarta di antaranya adalah harga kuliner yang cukup tinggi, atau tarif parkir yang tidak wajar.

Selain TIS, layanan kepada wisatawan saat libur Lebaran akan dilakukan melalui pesan singkat telepon selular.
"Akan kami upayakan memberikan SMS blast kepada wisatawan yang datang. Informasi yang disampaikan di antaranya tertib memarkirkan kendaraan di tempat yang sudah ditentukan," kata Yunianto.

Yunianto mengatakan, Malioboro masih akan menjadi tujuan utama wisatawan saat ke Yogyakarta sehingga dimungkinkan terjadi kepadatan arus lalu lintas di sepanjang Malioboro.

Oleh karena itu, lanjut dia, kendaraan dilarang keras berhenti atau parkir di sepanjang Jalan Malioboro karena akan menyebabkan kemacetan.

"Kami pun sudah meminta kelompok yang biasanya bermain kulintang di jalur lambat Malioboro untuk tidak bermain dulu. Mereka juga menjadi faktor penyebab kemacetan," katanya.

Kelompok pemain kulintang tersebut akan diarahkan untuk menghibur wisatawan di tempat lain, misalnya di tempat khusus parkir sehingga tidak menyebabkan kemacetan.

"Kami juga menyiapkan pentas gamelan yang diisi seniman lokal yang digelar di panggung yang ada di Tempat Khusus Parkir Abu Bakar Ali setiap sore. Permaianan gamelan itu akan disiarkan melalui radio dan diperdengarkan di sepanjang Jalan Malioboro," katanya.

Di Kampung Wisata Pandeyan, lanjut Yunianto, akan digelar bakdo kupat berupa iring-iringan gunungan ketupat yang kemudian diperebutkan oleh warga. Kegiatan ini akan digelar pada Kamis (29/6/2017).

Yunianto berharap, berbagai layanan dan pertunjukan seni tersebut dapat menghibur wisatawan yang menghabiskan masa libur Lebaran mereka di Kota Yogyakarta.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler