Mampir ke Blitar, Santap Pecel Kesukaan Bung Karno

Jika Anda kebetulan sedang dalam perjalanan mudik ke arah Jawa Timur melalui jalur pantasi selatan, tidak ada salahnya singgah sejenak di Blitar.
Tim Jelajah Jawa-Bali 2017 | 23 Juni 2017 11:34 WIB
Makanan khas dari Blitar Pecel Mbok Bari - Bisnis.com/Siti Hadijah Alaydrus

Bisnis.com, BLITAR -- Jika Anda kebetulan sedang dalam perjalanan mudik ke arah Jawa Timur melalui jalur pantasi selatan, tidak ada salahnya singgah sejenak di Blitar.

Kota Patria tersebut memiliki berbagai kuliner khas yang diramu dengan bahan-bahan dan bumbu sederhana, tetapi mampu memanjakan lidah para pecinta kuliner.

Tim Bisnis Indonesia Liputan Lebaran: Jelajah Jawa-Bali (LL-JJB) 2016 merekomendasikan salah satu depot pecel Blitar yang wajib dicoba; yaitu pecel Blitar Mbok Bari yang berlokasi di Jl Ir Soekarno No.93.

Pecel tersebut termasyur di kalangan warga Blitar maupun para wisatawan yang singgah di kota kelahiran sang proklamator.

Saat ini, pecel Mbok Bari memiliki banyak cabang di Blitar dan dikelola oleh generasi kedua dari sang pemilik yang mendirika usahanya sejak 1940-an. Konon, pecel Mbok Bari juga menjadi favorit Bung Karno dan keluarganya.

Warung pecel yang berlokasi tak jauh dari kompleks makan Bung Karno itu menjajakan menu naai pecel dengan berbagai macam lauk pendamping dan sayur yang populer di kalangan warga Jatim.

Misalnya saja, oseng-oseng, sayur terik, sayur lodeh, sambal terong, gulai ikan dan sebagainya.

Pecel Mbok Bari memiliki keistimewaan cita rasa yang khas. Sayurannya terbuat dari rebusa daun singkong, tauge, dan irisan mentimun yang diracik dengan bumbu pecel kacang yang ditumbuk kasar dan bercitarasa pedas dan gurih. Penyajiannya lengkap menggunakan tempe goreng dan kerupuk peyek.

Satu hal yang membuat pecel Blitar khas adalah campuran daun kemangi yang menjadikan racikan sayuran dalam pecel terasa lebih wangi dan sedap.

Jika Anda membeli satu porsi pecel 'polosan' (pecel sayurtanpa lauk pendamping, harga yang ditawarkan adalah Rp7.000.

Tahu Lontong

Selain pecel Mbok Bari, kuliner khas Blitar yang banyak digemari adalah tahu lontong. Makanan ini banyak dijual di hampir setiap sudut jalanan Kota Blitar.

Tahu lontong cocok bagi Anda yang tidak ingin menyantap makanan yang terlalu berat, tetapi mengenyangkan. Jika Anda memesannya tanpa lontong, makanan ini lebih familiar disebut tahu bumbu.

Makanan ini terdiri dari bahan-bahan yang sangat sederhana; yaitu tahu yang digoreng setengah matang, irisan lontong, dengan bumbu petis dan kecap, kemudian diberi taburan kacang goreng dan irisan seledri serta kerupuk gendar.

Harga yang ditawarkan pun sangat terjangkau, antara Rp5.000-Rp10.000.

(Tim liputan LL-JJB jalur selatan: Wike D. Herlinda, Hadijah Alaydrus, Ashari Purwo, Gemal Abdel Nasser)

Program liputan ini didukung oleh: Toyota Astra Motor, Bank Negara Indonesia, AirNav Indonesia, Astra Honda Motor, ASDP Indonesia Ferry, GWK Cultural Park, Jambuluwuk Hotel & Resorts, Bank Jatim, V-Kool Indonesia, XL Axiata, Coco Group, dan Perkebunan Nusantara XI.

Sumber : Tim Jelajah

Tag : kuliner
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top