Tahu Poo/Istimewa
Kuliner

Oleh-oleh dari Kediri, Tahu Poo dan Getuk Pisang

Tim Jelajah Jawa-Bali 2017
Jumat, 23 Juni 2017 - 08:13
Bagikan

Bisnis.com, SURABAYA -- Mudik untuk bertemu keluarga di kampung halaman menjadi tradisi yang dilakukan ketika momentum Lebaran tiba. Mencicipi kuliner khas suatu daerah juga menjadi salah satu bagiannya.

Di Kediri, ada kuliner khas yang dapat dicicipi yaitu Tahu Poo dan Getuk Pisang. Dua penganan ini juga dapat dijadikan oleh-oleh untuk di bawa ketika kembali setelah mudik.

Sri, salah satu penjual di sentra oleh-oleh Pertigaan Mengkreng, Kediri mengatakan pembeli meningkat ketika arus mudik dan balik di Lebaran. Namun, dia mengatakan pembeli akan lebih banyak melakukan transaksi ketika arus balik.

"Lebih ramai waktu arus balik, buat oleh-oleh, yang paling laku Tahu Poo karena khas Kediri," ujarnya kepada Tim Bisnis Indonesia Liputan Lebaran: Jelajah Jawa Bali (LL-JJB) 2017.

Oleh-oleh dari Kediri, Tahu Poo dan Getuk Pisang

Tahu Poo terdiri dari dua varian yaitu tahu putih dan tahu kuning, teksturnya yang lembut dengan rasa kedelai yang khas menjadi kelebihan kuliner ini.

Untuk mendapatkannya, cukup merogoh kocek Rp20.000 untuk lima buah tahu putih dan Rp16.500 untuk lima buah tahu kuning. Sayangnya, tahu ini hanya dapat bertahan 1-2 hari jika di luar pendingin. Namun, ada beberapa alternatif kuliner olahan dari tahu ini, seperti Stik Tahu Poo, yang tentunya lebih tahan lama.

Selain Tahu Poo, terdapat pula Getuk Pisang, makanan ini tersedia dalam beberapa ukuran dengan harga mulai dari Rp4.000 hingga Rp28.000.

Oleh-oleh dari Kediri, Tahu Poo dan Getuk Pisang

Ada pula kuliner lainnya, keripik, kerupuk, roti, kue, minuman jamu dan lainnya. Selain di sentra oleh-oleh Pertigaan Mengkreng, kuliner ini dapat ditemui di beberapa pusat oleh-oleh di Kediri.

Tim peliput: Agne Yasa, David Eka Issetiabudi, Feri Kristianto, dan Yanita Petriella

Program liputan ini didukung oleh: Toyota Astra Motor, Bank Negara Indonesia, AirNav Indonesia, Astra Honda Motor, ASDP Indonesia Ferry, GWK Cultural Park, Jambuluwuk Hotel & Resorts, Bank Jatim, V-Kool Indonesia, XL Axiata, Coco Group, dan Perkebunan Nusantara XI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro