Travel

5 Alasan Kenapa Lebih Baik Mudik Pakai Pesawat

MediaDigital
Jumat, 16 Juni 2017 - 15:04
Bagikan

Lebaran yang dinanti akan tiba. Artinya, sebentar lagi perjalanan mudik dari kota besar ke kota-kota lainnya akan segera dilakukan oleh sebagian besar penduduk Indonesia.

Beragam budaya dan kebiasaan yang dimiliki oleh masyarakat kita tentunya memengaruhi cara mudik yang dilakukan. Gaya hidup mereka pun turut andil juga dalam pemilihan moda transportasi selama mudik.

Seperti yang sudah sering kita lihat, sebagian besar masyarakat Indonesia melakukan mudik dengan perjalanan darat, yakni dengan mobil dan motor pribadi. Sisanya, melakukan perjalanan mudik dengan kereta api, bus, kapal laut, hingga pesawat terbang.

Di setiap arus mudik pada tahun-tahun sebelumnya, sering sekali terjadi kecelakaan di jalur darat. Kebanyakan, kasus kecelakaan tersebut dialami oleh para pengendara kendaraan bermotor. Penyebab utamanya adalah kondisi tubuh yang tidak fit, kelelahan di perjalanan dan juga kondisi kendaraan yang terkadang tidak mumpuni.

Meskipun risiko kecelakaan lebih tinggi dan juga harus menghabiskan waktu berjam-jam terjebak dalam kemacetan, tetap saja, motor dan mobil adalah pilihan yang paling diminati untuk mudik karena dianggap lebih mudah dan murah.

Padahal, ada satu moda transportasi yang paling nyaman dan juga minim risiko kecelakaan, yakni pesawat terbang. Apalagi bagi mereka yang memiliki tujuan mudik yang beda provinsi dan bahkan beda pulau.

Berikut alasan mengapa mudik menggunakan pesawat lebih baik dari pada kendaraan darat.

5 Alasan Kenapa Lebih Baik Mudik Pakai Pesawat

1. Bisa menghemat waktu perjalanan

Tentu, alasan yang satu ini sudah tidak terbantahkan lagi. Melakukan perjalanan dari satu kota ke kota lain akan sangat menghemat waktu perjalanan jika menggunakan pesawat terbang.

Apalagi kalau memang kota tujuan adalah kota yang berada di luar pulau. Sudah jelas akan lebih cepat apabila ditempuh dengan pesawat.

Mempertimbangkan waktu perjalanan juga penting untuk dilakukan. Pasalnya, ketika mudik sudah pasti semua orang ingin cepat sampai tujuan dan melepas rindu, bertemu dengan keluarga terkasih.

Singkatnya waktu perjalanan juga bisa menghemat energi yang dikeluarkan. Karenanya, dengan menggunakan pesawat, energi yang kita miliki bisa disalurkan untuk kegiatan lain sesampainya di tujuan.

5 Alasan Kenapa Lebih Baik Mudik Pakai Pesawat

2. Lebih mudah ketika membawa koper besar

Saat tinggal di kota besar yang serba ada, sangat mudah untuk menemukan dan membeli barang yang sekiranya dibutuhkan. Lain hal di kampung halaman yang kebanyakan berada di daerah terpencil dan memiliki keterbatasan dalam hal distribusi barang.

Untuk itu, biasanya saat mudik kebanyakan masyarakat membawa banyak barang-barang yang sulit ditemukan di kampung halaman untuk menjadi oleh-oleh bagi keluarga dan saudara.

Barang bawaan banyak ini idealnya dibawa dalam koper yang besar sehingga bisa aman menjaga kondisi barang seperti semula.

Nah, dengan menaiki pesawat, akan lebih mudah untuk membawa koper yang berukuran besar tanpa takut khawatir memakan tempat terlalu banyak karena disediakan bagasi berkilo-kilo dari pihak maskapai. Tergantung jenis tiket dan harga bagasi yang dibayar. Umumnya batas bagasi dibatasi mulai dari 20 Kg hingga 30 Kg.

5 Alasan Kenapa Lebih Baik Mudik Pakai Pesawat

3. Tingkat kecelakaan udara yang lebih rendah

Berdasarkan data-data statistik yang dirilis oleh USA Today dan National Transportation Safety Board, pesawat terbang dianggap sebagai moda transportasi yang paling aman jika dibandingkan dengan jenis transportasi lain seperti motor, mobil, dan bus.

Pesawat terbang dikendalikan oleh satu orang yakni pilot yang dibantu oleh seorang kopilot. Hal ini setidaknya membuat kontrol yang ada lebih terkendali karena seorang pilot pasti memiliki lisensi dan kemampuan teruji dan tersertifikasi.

Seorang pilot dan kopilot juga sudah memiliki persiapan diri sedemikian rupa dalam situasi dan kondisi terparah sekalipun. Lagipula, persentase kecelakaan pesawat sangatlah kecil apabila dibandingkan dengan ribuan pesawat yang lalu lalang di udara setiap harinya.

5 Alasan Kenapa Lebih Baik Mudik Pakai Pesawat

4. Tidak perlu repot cetak tiket

Melakukan perjalanan mudik dengan pesawat akan memberikan satu kemudahan yaitu tidak perlu repot-repot mencetak tiket. Ya, seperti kita ketahui sekarang sudah banyak sekali online travel agency salah satunya Reservasi.com, yang memiliki fitur tiket elektronik jika melakukan pemesanan dari aplikasi Reservasi di smartphone.

Jadi, untuk naik pesawat dan melakukan pemeriksaan awal di pintu masuk terminal, kita tinggal menunjukkan bukti tiket yang ada di layar smartphone.

5 Alasan Kenapa Lebih Baik Mudik Pakai Pesawat

5. Jadwal yang lebih fleksibel

Banyaknya pilihan penerbangan dan jadwal yang ditawarkan membuat mudik dengan menggunakan pesawat terbang jadi jauh lebih fleksibel. Oleh karena itu, kita bisa menyiasati terbang pada waktu subuh, dini hari, atau pun di malam hari.

Nah, pada waktu-waktu tersebut biasanya harga tiket relatif lebih murah, dengan catatan membeli dari jauh hari sebelum arus mudik dimulai.

Satu lagi keuntungan yang bisa didapatkan jika mudik dengan menggunakan pesawat, yaitu akan ada banyak promo tiket pesawat Ramadan. Rasanya, tidak ada yang mau kelewatan kesempatan untuk mendapatkan tiket pesawat murah untuk mudik lebaran.

Bicara soal tiket promo, jika dihitung secara seksama akan pasti akan terlihat keuntungannya. Apalagi kalau diskonnya hingga mencapai Rp1 Juta seperti yang ditawarkan oleh Reservasi.com.

Nah, sekarang sudah tahu kan alasan kenapa mudik menggunakan pesawat lebih baik daripada transportasi darat? Yuk, mulai persiapkan mudik dari sekarang dan cari tiket pesawat online di www.reservasi.com!

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : MediaDigital
Editor : MediaDigital
Sumber : Media Digital
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Rekomendasi Kami