Travel

Ancol Siap Menyambut Liburan Lebaran 2017

Yusran Yunus
Selasa, 23 Mei 2017 - 08:10
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Masa liburan panjang pasca Lebaran Idul fitri tersisa sebulan lebih, perjalanan waktu yang tentu sudah tidak terasa akan semakin dekat. 

Menyambut kedatangan tamu pengunjung dari seluruh penjuru negeri, manajemen Ancol Taman Impian di Jakarta Utara, sudah melakukan sejumlah persiapan dan perbaikan di seluruh fasilitas demi menjamin keamanan dan kenyamanan para pengunjung. 

Terhitung sejak April lalu, manajemen Ancol melakukan sejumlah renovasi di beberapa obyek wahana yakni Aquafun di Ancol Lagoon, Dragon Slide di Atlantis, Tornado Fish di Samudra, Jelly Fish Aquarium di Seaworld, Inovasi Merchandise, Revitalisasi Putri Duyung.

Kegiatan pengecatan, juga tidak ketinggalan dilakukan manajemen, terlihat mulai dari gerbang Ancol. Tidak cukup sampai di situ, manajemen melakukan perbaikan infrastruktur berupa pengaspalan jalan, perbaikan toilet dan sarana ibadah (mushalla) hingga pada penataan taman dan penyediaan lahan parkir baru. 

Inisiatif pelayanan, juga tak luput dari sentuhan dimana manajemen menyediakan sejumlah inisiatif yakni tikar gratis, air minum gratis serta inner transportation.

"Dari tahun ke tahun kami selalu mencermati masukan dari pengunjung dan umumnya meminta adanya peningkatan kualitas pelayanan baik terkait dengan wahana maupun fasilitas penunjang lainnya. Itulah yang menjadi perhatian kami agar para pengunjung bisa menghabiskan waktu liburannya bersama keluarga di Ancol dengan suasana menyenangkan dan mengesankan," kata Wakil Direktur Rekreasi Ancol Taman Impian, Agus Sudarno, dalam pertemuan dengan media di Ancol, Jakarta Utara, Jumat (19/5/2017).

Ancol Siap Menyambut Liburan Lebaran 2017

Menyahuti masukan pengunjung, manajemen Ancol di masa liburan panjang tahun ini menambah sarana transportasi massal gratis, selain yang sudah tersedia selama ini yakni Bus Wara Wiri. "Kami sedang merampungkan pengerjaan Kereta Wisata dan ditargetkan rampung sebelum masa liburan tiba sehingga selembat-lambatnya sehari sebelum Lebaran sudah beroperasi," kata Sudarno. 

Kereta Wisata akan melayani pengunjung mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB. Ada 2 jalur yang disediakan yakni jalur area Ancol Timur yang terbentang 1,6 kilometer dari Gerbang Timur sampai Pantai Bende dan jalur area Ancol Barat yang terbentang 2,3 kilometer dari Ocean Dream Samudra sampai Dunia Fantasi, sehingga total panjang jalur kereta ini 3,9 kilometer.

Nantinya akan ada 4 rangkaian kereta yang akan siap melayani pengunjung, masing-masing rangkaian memiliki 6 gerbong yang mampu menampung 134 orang dewasa. 

Dengan rata-rata kecepatan 15 km per jam, pengunjung dapat menggunakan moda transportasi massal ini sambil menikmati pemandangan di seluruh area Ancol Taman Impian, karena kereta ini akan melewati Dufan, Sentral Parkir Barat, Gerbang Barat, Ecopark, Ecovention, Pasar Seni, Gondola, Sentral Parkir Tengah, Seaworld Ancol, Ocean Dream Samudra, Gerbang Timur, Beacpool, Ancol Lagoon, Pantai Carnaval dan Sentral Parkir Timur. 

Secara teknis, kereta yang dipesan melalui Industri Kereta Api (INKA) ini menggunakan lokomotif berbahan baku solar dan terbuat dengan rangka baju dikombinasikan dengan bahan fiber, stainless dan besi tempa. Model keretanya pun didesain khusus khas kereta wisata. Kereta dengan tinggi 1,6 meter ini juga dilengkapi dengan tirai sehingga pengunjung tidak perlu khawatir kebasahan jika menggunakannya pada saat hujan.

"Inovasi kereta wisata merupakan wujud komitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan dan kenyamanan bagi pengunjung. Komitmen kami adalah berkeinginan setiap pengunjung dapat menikmati sarana transportasi massal ini dengan baik dan nyaman, hal ini kami dedikasikan kepada pengunjung setia Ancol agar dapat menghabiskan liburannya dengan gembira," katanya.

Manajemen Parkir

Selain sebagai pelengkap fasilitas, Ancol juga ingin membudayakan sistem parkir terpusat, sehingga pengunjung cukup memarkir kendaraannya di kantong parkir dan menggunakan bus wara wiri atau kereta Sato-Sato menuju destinasi wisata yang akan dikunjungi. 

"Tahun ini kami menyiapkan 3 lokasi sentral parkir yakni Sentral Parkir A berlokasi di parkir ex bmx, Sentral Parkir B berlokasi di Pasar Seni dan Sentral Parkir C berlokasi di Pantai Festival. Adapun daya tampungnya, untuk parkir mobil sebanyak 13.618 unit dan parkir motor sebanyak 18.065 unit," kata Husin, Manajer Operasional Ancol Taman Impian.

Untuk menambah kemeriahan liburan mendatang, Ancol juga akan menyiapkan sajian baru di unit-unit rekreasi. Pengunjung akan dihibur dengan fil baru wahana empat dimensi (4D) di Ocean Dream Samudra dan di wahana simulator Dunia Fantasi. Sedangkan Seaworld Ancol akan menghadirkan biota baru bernama giant octopus. Pengunjung yang akan menikmati hamparan pasir putih di Pantai Lagoon akan disajikan beragam acara, kuliner dan parade seaside carnival.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Ancol adalah salah satu destinasi favorit masyarakat yang ingin menghabiskan waktu liburan panjang lebaran mereka bersama keluarga. 

Pada tahun 2016, dari sehari sebelum Lebaran Idulfitri hingga delapan hari pasca Lebaran, jumlah pengunjung Ancol mencapai 687.862 orang, 70%-80% berasal dari wilayah Jabodetabek, sisanya 20%-30% dari beberapa daerah di Tanah Air. 

"Seperti sudah menjadi komitmen kami yakni memberikan pelayanan terbaik dan suasana menyenangkan bagi pengunjung, kami akan berusaha semaksimal mungkin memberikan suasana menggembirakan dan mengesankan kepada para pengunjung," ujar Sudarno.

Wah, sungguh menyenangkan kan. Selamat merencanakan liburan panjang anda bersama keluarga di Ancol Taman Impian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Yusran Yunus
Editor : MediaDigital
Sumber : Digital Marketing
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro