Kampung Pelangi Semarang yang mendunia/JIBI
Travel

Inilah Kisah Kampung Pelangi yang Mendunia dari Jantung Kota Semarang

Lingga Sukatma Wiangga
Jumat, 19 Mei 2017 - 14:35
Bagikan

Bisnis.com, SEMARANG—Setelah sukses mengubah wajah Kampung Brintik atau yang saat ini mendunia dengan sebutan Kampung Pelangi, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi kembali siap dengan gebrakan penataan tahap kedua.

Dia mengatakan pihaknya telah mengalokasikan dana sebesar Rp16 miliar untuk penataan tahap kedua kawasan Pasar Kembang.

Direncanakan penataan tahap kedua akan segera terealisasi yang meliputi pembangunan kawasan parkir, normalisasi saluran drainase, pembangunan fasilitas pejalan kaki sepanjang saluran hingga pembangunan foodcourt.

Saat ini proses lelang proyek pengerjaannya sedang dilakukan.

Inilah Kisah Kampung Pelangi yang Mendunia dari Jantung Kota Semarang

Berita tentang Kampung Pelangi/Boredpanda.com

“Penataan tahap dua sudah memasuki tahap lelang. Doakan lancar, Insya Allah bulan Desember nanti kawasan Pasar Kembang Randusari ini akan semakin cantik, indah dan nyaman,” ujarnya, dikutip dari laman resmi Pemprov Jateng, Jumat (19/5/2017).

Dia mengakui kecantikan Kampung Brintik yang telah viral di berbagai media baik nasional hingga internasional adalah hasil kerja bersama seluruh warga masyarakat dan stakeholder Kota Semarang.

Pemerintah, lanjutnya, mengawali dengan melempar ide pembuatan Kampung Pelangi. Ide ini tercetus seusai penataan kawasan Pasar Kembang tahap I.

“Pasar yang telah tertata apik dan cantik ini, ternyata di belakangnya terlihat pemandangan yang kurang sedap dipandang mata. Kondisi inilah yang kemudian mendorong kami menginisiasi upaya mempercantik Kampung Brintik,” tuturnya.

Inilah Kisah Kampung Pelangi yang Mendunia dari Jantung Kota Semarang

Sebelumnya, untuk menata Kampung Brintik dibutuhkan dana sebesar Rp3 miliar. Mengingat besarnya kebutuhan serta kepemilikan rumah yang tak semua dihuni warga kurang mampu, membuat anggaran Pemkot tak dapat masuk di sana.

Untuk itulah, Pemkot Semarang berinisiatif menjadikan program penataan Kampung Brintik dengan model partisipatif, menggandeng seluruh stakeholder mulai dari pengusaha cat, perbankan, industri, konstruksi, pegolf dan lainnya untuk menyelesaikan program ini.

Hasilnya, kerja keras penataan Kampung Pelangi membuahkan hasil cemerlang. Banyak wisatawan lokal, nasional hingga internasional terpesona dengan keindahan seni kreatif di berbagai sudut Kampung Pelangi.

Meski baru rampung 2 segmen dari total 4 segmen pengerjaan, kecantikan Kampung Pelangi telah mampu mencuri perhatian dunia. Tak kurang 6 situs informasi berkelas internasional mengekpose keindahan Kampung Pelangi seperti dailymail.com, buzzerfeed.com, lonelyplanet.com dan lainnya.

Inilah Kisah Kampung Pelangi yang Mendunia dari Jantung Kota Semarang

Lanskap warna-warni di Kampung Pelangi/[email protected]

Tak hanya itu, media TV asing pun ramai memberitakan pesona Kampung Pelangi. Salah satunya media Jerman, Ruply TV yang turut melakukan liputan langsung ke Kampung Pelangi.

Oleh karena itu, Pemkot Semarang mengajak warga dan masyarakat sekitar agar memiliki kesadaran wisata dan pengembangan UKM dalam menghidupkan Kampung Pelangi.

Kesadaran itu berbentuk pelayanan dan sambutan ramah pada wisatawan, menciptakan ide kreatif untuk menghidupkan wilayah, dan menciptakan kreasi ekonomi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Saeno
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro