Pulau Huha di Kabupaten Gorontalo Utara/Istimewa
Travel

Gorontalo Benahi Akses Menuju Destinasi Wisata

Rivki Maulana
Senin, 8 Mei 2017 - 15:22
Bagikan

Bisnis.com, GORONTALO -- Pemerintah Provinsi Gorontalo tengah mengkaji pengadaan bus antar-jemput atau shuttle bus yang bakal melayani rute ke beberapa destinasi wisata. Ini dilakukan karena saat ini akses ke destinasi wisata di provinsi Serambi Madinah itu terbilang minim.

Pjs Gubernur Gorontalo, Zudan Arif Fakrulloh, mengatakan aksesibilitas merupakan salah satu dari tiga pilar industri pariwisata yang harus segera dibangun. Terlebih, Gorontalo saat ini memiliki infrastruktur jalan yang cukup mulus.

"Dishub [Dinas Perhubungan] harus buat, minimal sehari sekali ada bus yang terjadwal, ini akan sangat efektif," jelasnya kepada Bisnis di sela Festival Kirab Nusantara di Pantai Kurenai, Bone Bolango, Senin (8/5/2017).

Untuk diketahui, beberapa destinasi wisata unggulan di Gorontalo tersebar di beberapa wilayah. Sayangnya, hingga saat ini belum ada sarana transportasi umum yang memadai. Sebagai gambaran, untuk mencapai Pantai Kurenai, pengunjung hanya bisa menumpang becak motor atau kendaraan pribadi dari pusat kota.

Data Dinas Pariwisata Gorontalo menunjukkan, saat ini ada 96 destinasi wisata yang terdata. Beberapa destinasi unggulan antara lain Pulau Cinta, Pulau Saronde, Pantai Olele, dan Pantai Biluhu.

Sepanjang tahun ini, Gorontalo membidik kedatangan turis asing sebanyak 30.000 turis atau empat kali lipat dibandignkan realisasi sepanjang 2016. Secara keseluruhan, total kunjungan turis ke Gorontalo mencapai 367.000 atau tiga kali lipat dari target sebanyak 120.000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rivki Maulana
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro