8 Destinasi Liburan Anggur Eksotis di Victoria

Kedekatan secara geografis membuat Australia menjadi salah satu destinasi liburan favorit warga Indonesia. Jumlah kunjungan turis Indonesia ke Negeri Kanguru terus meningkat setiap tahun.
Wike Dita Herlinda | 19 April 2017 18:28 WIB
Ilustrasi Great Ocean Road, Australia - visitvioctoria.com

Bisnis.com, JAKARTA—Kedekatan secara geografis membuat Australia menjadi salah satu destinasi liburan favorit warga Indonesia. Jumlah kunjungan turis Indonesia ke Negeri Kanguru terus meningkat setiap tahun.

Duta Besar Australia untuk Indonesia Paul Grigson mengungkapkan per Desember 2016, jumlah kunjungan wisatawan Tanah Air ke Negeri Benua itu meningkat 40% dibandingkan dengan periode sama 2015.

Paul mengungkapkan mayoritas pelancong dari Indonesia memilih untuk berlibur di Sydney dan Melbourne. Kedua kota tersebut sekaligus merupakan tujuan favorit orang Indonesia untuk menempuh studi.

"Selain Sydney dan Melbourne, kami sedang gencar mempromosikan kunjungan ke Perth dan Brisbane. Australia punya banyak atraksi wisata yang bisa dinikmati oleh wisatawan Indonesia, mulai dari wisata fesyen, kuliner, desain, gurun, pasir, laut, hingga alam.”

Bagaimanapun, selama ini belum banyak wisatawan Indonesia yang menjelajahi sensasi wisata anggur di Negeri Kanguru. Padahal, Australia adalah salah satu negara produsen anggur premium kelas dunia.

Beberapa anggur produksi Australia yang terkenal di dunia a.l. Pinot Noir, Caberet Sauvignon, Chardonnay, Grenache, Riesling, Sauvignon Blanc, Semillon, dan Shiraz. Australia juga memiliki lebih dari 2.400 kilang anggur yang tersebar di 65 kawasan.

Salah satu destinasi wajib untuk menikmati wisata anggur di Australia adalah negara bagian Victoria, yang terletak di bagian tenggara Negeri Koala. Victoria juga merupakan penghasil anggur terbesar di Australia.

Kilang-kilang anggur di Victoria tersebar di Mornington Penninsula, High Country, Gippsland, Geelong & Bellarine Peninsula, Yarra Valley, Macedon Ranger, The Murray, Grampians, dan Goldfields.

Bagi pecinta pelesir, Anda bisa mendapatkan banyak pengalaman baru dengan berwisata anggur di Victoria. Mulai dari menjajal festival mencicipi anggur, mengikuti tur di balik layar, merasakan edukasi anggur dan gastronomi, hingga menginap di tengah kebun anggur.

Berikut beberapa destinasi wajib bagi Anda yang tertarik mengajak keluarga, atau pasangan menikmati sensasi wisata anggur di Victoria, sebagaimana direkomendasikan oleh Edelman Indonesia for Visit Victoria:

1.     Mornington Peninsula

 Kawasan budi daya anggur Pinot Noir ini memiliki iklim yang sejuk. Selain Pinot Noir, Mornington Peninsula juga memiliki lahan budi daya anggur Chardonnay dan Pinot Gris.

 2.     Jackalope Hotel

Di Victoria, Anda dapat menginap di Jackalope Hotel yang terletak di jantung kawasan anggur dengan jarak tempuh sekitar 1 jam dari Melbourne. Hotel dengan 46 kamar itu berlokasi di tengah-tengah kebun anggur.

Setiap kamarnya dihias dengan furnitur bergaya modern yang dirancang oleh desainer Melbourne, Zuster. Hotel terkenal itu juga dilengkap dengan fasilitas infinity pool yang menghadap ke perkebunan anggur pribadi.

Hotel tersebut juga memiliki gudang anggur dengan koleksi pribadi yang diproduksi khusus di areal Jackalope Hotel. Pastikan Anda tidak kelewatan jadwal booking di hotel tersebut yang dimulai pada April.

3. Port Phillip Estate

Destinasi ini menawarkan enam akomodasi mewah dengan desain kontemporer yang dilengkapi dengan teras pribadi yang menghadap langsung ke pemandangan kebun anggur yang spektakuler.

Para tamu Port Phillip Estate ataupun tamu penginapan dapat mencicipi sajian kuliner dari chef Stuart Deller, serta mencicipi koleksi anggur Kooyong dan Port Phillip Estate di Dining Room.

4. Lindenderry

Lindenderry berlokasi di tengah-tengah kebun seluas 30 hektare di Red Hill dan menawarkan 40 akomodasi bergaya rustic. Setiap kamarnya langsung menghadap pemandangan kebun yang luas.

Selain dapat menikmati hidangan di restoran yang disediakan di properti milik Lindenderry, pengunjung dapat juga menikmati pengalaman piknik di tengah-tengah kebun anggur yang tentunya memberikan kesan romantis.

5. Lakeside Villas

Destinasi yang satu ini terletak di Crittenden Estate dan menyuguhkan panorama danau dan kebun anggur yang tidak hanya megah, tetapi juga sangat memanjakan mata.

Di sana, Anda dapat menikmati sajian kuliner dan anggur pilihan terbaik di restoran Stillwater. Anda juga bisa menjajal pengalaman mencicipi anggur yang tersedia di Crittenden Wine Center yang terletak di areal properti Crittenden Estate

6.Polperro Villas

Memiliki empat studio apartemen yang indah, destinasi ini dilengkapi juga dengan pemandangan perkebunan anggur Red Hill. Tiap vila di Polperro memiliki desain interior artistik yang dilengkapi perapian, spa, dan dek pribadi

7.Yarra Valley

Yarra Valley merupakan salah satu daerah di negara bagian Victoria yang memiliki iklim sejuk, yang merupakan lokasi budi daya berbagai varietas anggur. Mulai dari Chardonnay, Pinot Noir, Cabernet Sauvignon, dan Shiraz.

8.Balgownie Estate

Memiliki 69 kamar tamu, tempat ini dilengkapi dengan restoran, gudang anggur, spa, lapangan tenis, dan kolam renang yang dapat ditemukan di areal properti Balgownie.

 Lokasinya dikelilingi pemandangan indah Yarra Valley dan perkebunan anggur yang luas. Selain itu, tempat ini juga menawarkan beragam jenis anggur, seperti Chardonnay, Pinot Gris, Pinot Noir, dan sparkling.

Tag : pariwisata
Editor : Bambang Supriyanto

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top