Hari Kartini: Peselancar Wanita di Bali Berkebaya

Sejumlah peselancar wanita profesional dan amatir di Bali dijadwalkan melakukan surfing mengenakan baju kebaya di Pantai Kuta untuk memperingati Hari Kartini.
Feri Kristianto | 18 April 2017 22:30 WIB
Aktivitas surfing di Mentawai, Sumatra Barat - Antara

Bisnis.com, DENPASAR - ‎Sejumlah peselancar wanita profesional dan amatir di Bali dijadwalkan melakukan surfing mengenakan baju kebaya di Pantai Kuta untuk memperingati Hari Kartini.

Ketua penyelenggara kegiatan Bagus Putu Indrawan mengatakan ajang yang digelar bertajuk Festival Kartini ini dijadwalkan pada Kamis (20/4/2017).

"Ini merupakan upaya menunjukkan bahwa peselancar wanita juga mampu bersaing dan ingin mengamalkan nilai-nilai emansipasi yang sudah diwariskan Kartini," jelas pimpinan majalah komunitas surfing ini, Selasa (18/4/2017).

Pria yang akrab dipanggil Piping ini memaparkan aktivitas selancar bersama tersebut akan dimulai pukul 08.00 hingga 10.00 pagi. Pada jam tersebut, ombak di Pantai Kuta diprediksi akan mencapai tingkat ketinggian terbaik. Adapun jumlah peselancar yang akan terlibat dalam kegiatan ini diperkirakan belasan orang.

President Indonesia Surfing Association (Insa) Made Supatra Karang menilai ajang ini bisa menjadi salah satu unjuk gigi peselancar perempuan. Jumlah peselancar profesional perempuan saat ini ditaksir sekitar 10 orang, sedangkan amatir sebanyak 200 orang.

Supatra mengharapkan Kartini Festival ini mampu menunjukkan bahwa Indonesia memiliki atlet selancar berpengalaman. Ke depannya dengan masuknya selancar dalam Olimpiade di Jepang, atlet selancar perempuan bisa unjuk gigi.

"Potensi atlet selancar Indonesia luar biasa dan berpeluang berkiprah di olimpiade mendatang," tutur pria asli Kuta ini.

 

Tag : surfing
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top