Pura Besakih/Youtube
Travel

Pura Besakih Gelar “Ida Betara Turun Kabeh" 3 Pekan

Newswire
Rabu, 12 April 2017 - 10:44
Bagikan

Bisnis.com, DENPASAR - Kegiatan ritual berskala besar "Ida Betara Turun Kabeh" di Besakih, pura terbesar di Bali berlangsung selama tiga pekan hingga 3 Mei 2017 dengan harapan umat tidak membeludak melakukan persembahyangan pada awal kegiatan ritual tersebut.

"Untuk itu umat Hindu diharapkan dapat mengatur diri sedemikian rupa sehingga tidak terjadi antrean pajang di tempat suci tersebut," kata salah seorang panitia kegiatan tersebut, Jero Mangku Suyasa, Rabu (12/4/2017).

Gubernur Bali Made Mangku Pastika didampingi Nyonya Ayu Pastika, Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta, serta sejumlah Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan umat melakukan persembahyan pada puncak kegiatan ritual tersebut bertepatan dengan hari purnama kedasa Selasa (11/4/2017).

Pelaksanaan Puncak Karya Ida Betara Turun Kabeh dipercaya oleh umat Hindu sebagai hari baik melaksanakan upacara "yadnya" (pengorbanan suci), yang diharapkan bisa menjadi momentum bagi seluruh umat Hindu untuk "mulat sarira" agar kedepannya bisa lebih baik dalam menjalankan kewajiban masing-masing.

Selain itu untuk memohon penyucian bagi alam beserta isinya sebagai bentuk rasa syukur atas berkah yang dikaruniakan Ida Sanghyang Widhi Wasa, Tuhan Yang Maha Esa.

"Semoga seluruh umat sejahtera, jagat Bali trepti, itu makna yang kita harapkan dari rangkaian kegiatan ritual yang dilaksanakan selama tiga pekan," ujar Gubernur Pastika.

Pura Besakih Gelar “Ida Betara Turun Kabeh" 3 Pekan

Setelah kegiatan ritual berskala besar itu berlangsung, semoga umat Hindu diberkati ketenangan hati dan pikiran, sehingga kedepannya bisa lebih baik dalam melaksanakan swadarma (kewajiban) masing-masing.

Ia mengharapkan, umat Hindu untuk dapat mengatur diri sedemikian rupa untuk dapat melaksanakan persembahyangan ke Pura Besakih terkait kegiatan ritual berskala besar tersebut.

Menurut Pemangku Pura Besakih, Jero Mangku Suyasa, Karya "Ida Betara Turun Kabeh" yang berlangsung selama tiga pekan, 11 April hingga 3 Mei 2017.

Kegiatan ritual tersebut dilaksanakan di Pura Agung Besakih, Karangasem diawali dengan menghaturkan "sesaji" kepada Ida Betara yang berstana di padma tiga agar diberikan anugerah kedamaian dan keselamatan.

Prosesi tersebut diiringi berbagi tarian seperti Rejang, Baris, Wayang Lemah, Bebondresan serta ditutup dengan Topeng Sidakarya.

Prosesi puncak karya dipimpin oleh sembilan sulinggih (pendeta) diantaranya Ida Pedanda Putra Ngenjung dari gria Selat Duda Karangasem, Ida Pedanda Djelantik Nuaja dari gria Buda Keling Karangasem, Ida Sri Begawan Napta

Nawa Wagsa Pemayun dari gria Kedatuan Kawista Blatungan Pupuan Tabanan, Ida Pandita Satya Darma Tenaya, Pandita Dukuh, Nabe Putra Pangkung, Ida Sri Empu Semara Pura dari Geria Taman Sari Tegak, Ida Pedanda Gede Pura Abah, dan Ida Pedanda Putra Ketut Kawan.

Besakih merupakan tempat suci umat Hindu terbesar di Pulau Dewata menyimpan ketenangan dan kedamaian yang senantiasa menjadi pusat perhatian umat saat berlangsungnya kegiatan ritual berskala besar.

Pura Agung Besakih berlokasi di lereng kaki Gunung Agung yang memiliki ketinggian 3.142 meter di atas permukaan laut, secara administratif masuk di wilayah Kabupaten Karangasem, sekitar 85 km timur laut Denpasar.

Kawasan suci di ujung Timur Bali itu terdiri atas 16 komplek pura yang menjadi satu-kesatuan tak terpisah satu sama lain, memiliki arti penting bagi kehidupan keagamaan umat Hindu, yang dianut sebagian besar masyarakat Pulau Dewata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro