Seorang kakek berlatar belakang Gunung Bromo di Jawa Timur./.Reuters-Beawiharta
Travel

TIPS WISATA: Simak Cara Aman Perjalanan Bagi Turis Usia Lanjut

Azizah Nur Alfi
Sabtu, 8 April 2017 - 14:44
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Setelah puluhan tahun bekerja keras dan membesarkan anak, sudah waktunya bagi Anda melakukan perjalanan menyenangkan. Bisa jadi dengan usia yang makin lanjut dan faktor kesehatan, membuat aktivitas Anda tidak semudah saat muda dulu.

Namun, tidak berarti Anda tidak dapat merencanakan liburan terbaik. Dengan perencanaan yang matang, Anda tetap bisa memperoleh pengalaman perjalanan menyenangkan.

Dikutip dari situs smarttravel.tips, ada beberapa tips keselamata bagi penikmat perjalanan berusia lanjut.

1. Periksa kesehatan sebelum pergi
Pemeriksaan kesehatan penting untuk memastikan Anda dalam keadaan bugar sebelum melakukan perjalanan. Sekalipun Anda dalam keadaan bugar dan tidak memiliki masalah dengan kesehatan, dokter perlu memastikan beberapa hal seperti tekanan darah, kolesterol, dan mobilitas keseluruhan terlihat baik. Disarankan, Anda juga mendapatkan sejumlah imunisasi untuk terhindar dari penyakit menular sebelum berpergian ke bagian tertentu di dunia.

2. Kotak obat
Pastikan Anda membawa resep obat yang dibutuhkan selama melakukan perjalanan. Hal ini untuk mengantisipasi jenis obat yang tidak tersedia di negara tertentu.

3. Siapkan untuk kebutuhan diet
Tidak hanya orang tua yang memiliki pantangan dalam makanan tertentu. Begitu pula orang muda yang kerap memiliki alergi terhadap makanan tertentu. Penting bagi Anda menyediakan selembar kertas yang mengatakan "saya alergi terhadap gluten' misalnya. Ini bukan berarti membatasi pengalaman atas budaya dan makanan lokal. Tetapi, kesehatan jauh lebih penting agar tidak merusak perjalanan karena penyakit yang disebabkan salah makan.

4. Beli asuransi perjalanan
Semua orang tahu pentingnya asuransi perjalanan, baik bagi usia lanjut maupun muda. Jika bagi mereka yang usia muda mengambil termurah dari asuransi perjalanan dan berharap mendapat yang terbaik, tetapi tidak demikian bagi mereka yang sudah lanjut usia. Penting bagi Anda, untuk meneliti secara seksama jenis asuransi perjalanan untuk memastikan Anda mendapatkan paket yang tepat.

Ada baiknya Anda mengunjungi dokter Anda sebelum membeli asuransi perjalanan. Sebab, mereka mungkin akan bertanya spesifik tentang kesehatan Anda. Beberapa perusahaan asuransi melayani khusus untuk manula.

5. Cari tahu diskon untuk usia lanjut
Anda mungkin harus membayar sedikit tambahan untuk menikmati penerbangan lebih menyenangkan. Namun, uang yang Anda keluarkan dapat kembali dengan beberapa layanan diskon bagi usia lanjut.

Di Eropa, ada diskon bagi para usia lanjut untuk jaringan transportasi dalam kota, museum, bioskop, galeri seni, dan teater. Bahkan operator tur, resort, hotel, dan restoran, yang menawarkan diskon perjalanan khusus untuk wisatawan yang lebih tua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro