Festival Pasir Putih di Pulau Samosir

Dinas Pariwisata Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, segera menggelar Festival Pasir Putih yang menjadi bagian dari Horas Samosir Fiesta tahun 2017 dalam upaya menggiatkan pariwisata di "Negeri Indah, Kepingan Surga" itu.
Newswire | 14 Maret 2017 21:19 WIB
Presiden Joko Widodo (tengah) menyapa warga sebelum menyeberangi Danau Toba untuk berkunjung ke Pulau Samosir di Parapat, Simalungun, Sumatera Utara, Minggu (21/8). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Dinas Pariwisata Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, segera menggelar Festival Pasir Putih yang menjadi bagian dari Horas Samosir Fiesta tahun 2017 dalam upaya menggiatkan pariwisata di "Negeri Indah, Kepingan Surga" itu.

"Pemerintah Kabupaten bersama masyarakat kenegerian Desa Parbaba, menggelar event itu pada 25 Maret 2017," kata Kepala Dinas Pariwisata Samosir, Ombang Siboro, Selasa (14/3/2017).

Festival Pasir Putih merupakan bagian ajang yang diisi berbagai perlombaan menarik dan seru yang merupakan kebiasaan orang Batak pada masa lampau, seperti Martonggo Raja.

Agenda tersebut diawali dengan menguras danau, yaitu praktik pembersihan dan re-purifikasi secara simbolik untuk menghormati lingkungan danau yang diwujudkan dengan pertunjukan ritual dan budaya lokal.

Pemerintah setempat komitmen menjadikan seni budaya, alam lingkungan, situs sejarah dan konser musik bagian dari mempromosikan dan mengenalkan Samosir sebagai kabupaten tujuan wisata di kawasan Danau Toba.

Horas Samosir Fiesta merupakan program pengembangan pariwisata tahunan dalam upaya memberikan hiburan dan menarik wisatawan untuk berkunjung ke Samosir.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
danau toba

Sumber : Antara

Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top