Labuan Bajo./.Istimewa
Travel

WISATA LABUAN BAJO: Bandara Komodo Siap Jadi Bandar Udara Internasional

Newswire
Senin, 20 Februari 2017 - 15:44
Bagikan

Bisnis.com, KUPANG- Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nusa Tenggara Timur Marius Ardu Jelamu mengatakan landasan pacu Bandara Komodo di Labuan Bajo, ibu kota Kabupaten Manggarai Barat segera diperpanjang menjadi 2.200 meter.

"Pengembangan Bandara Komodo ini akan dilakukan oleh Angkasa Pura bekerja sama dengan pihak swasta dan akan menjadi bandara internasional," katanya seperti dikutip Antara, Senin (20/2/2017).

Marius mengatakan, pengembangan bandara tersebut sudah dibicarakan dalam rapat tertutup sebelumnya di Jakarta yang dipimpin langsung Presiden Jokowi melibatkan kementerian terkait beserta Gubernur NTT.

Dia menjelaskan, sebelumnya perpanjangan landasan pacu bandara tersebut masih terkendala pembebasan lahan dari masyarakat setempat.

"Sekarang sudah dinegosiasikan dengan pemilik lahan untuk pembebasannya di sana sehingga segera diperpanjang menjadi 2.200 meter," katanya.

Menurutnya, pengembangan infrastruktur bandara tersebut guna mendukung adanya penerbangan internasional menuju Labuan Bajo sebagai salah satu destinasi unggulan di Nusa Tenggara Timur.

"Ini akan sangat bagus karena kalau sudah berstatus internasional maka dengan sendirinya akan masuk jalur penerbangan internasional," katanya.

Dengan demikian, lanjutnya, adanya penerbangan langsung internasional akan berdampak pada peningkatan arus kunjungan wisatawan terutama mancanegara ke daerah setempat.

Tercatat, sepanjang tahun 2016, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Labuan Bajo sebanyak 29.377 orang atau masih di bawah kujungan domestik mencapai 54.335 orang dalam periode yang sama.

Selama ini, lanjut Marius, wisatawan mancanegara yang masuk ke Nusa Tenggara Timur masih melalui kota-kota besar lain seperti Denpasar, Surabaya, Jakarta.

Kondisi tersebut menurutnya, tidak efektif dari sisi waktu karena saat ini, kecenderungan wisatawan menginginkan agar bisa menjangkau daerah wisata unggulan dengan mudah dan cepat.

"Kalau ada penerbangan langsung internasional maka akan lebih efektif meningkatkan arus kunjungan wisatawan asing," katanya pula.

Untuk itulah, katanya, pemerintah pusat juga terus mendorong peningkatan arus kunjungan wisatawan asing ke Labuan Bajo sebagai salah satu destinasi wisata prioritas secara nasional itu dengan membangun berbagai infrastruktur penunjang seperti bandara.

"Kita berharap pemerintah pusat juga terus mendorong agar ke depan, semakin banyak penerbangan langsung dari luar negeri bisa masuk ke NTT," ujar Marius Ardu Jelamu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro