Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jembatan Cinta Nusa Penida Rampung. Ini Manfaatnya Bagi Wisatawan

Jembatan Kuning atau jembatan cinta yang selesai dibangun sebagai jembatan terdahulu bisa segera dimanfaatkan warga dan wisatawan di Nusa Penida.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 08 Februari 2017  |  10:53 WIB
Jembatan Cinta Nusa Penida Rampung. Ini Manfaatnya Bagi Wisatawan
Pemandangan pesisir Pulau Nusa Penida dari salah satu puncaknya. - Bisnis/Feri Kristianto

Bisnis.com, NUSA PENIDA - Jembatan Kuning atau jembatan cinta yang selesai dibangun sebagai jembatan terdahulu bisa segera dimanfaatkan warga dan wisatawan di Nusa Penida.

Jembatan Cinta sepanjang 140 meter dengan lebar 1,8 meter tersebut menghubungkan Nusa Lembongan dengan Nusa Ceningan di Pulau Nusa Penida, pulau yang terpisah dengan daratan Bali. Rencananya,  penggunaan jembatan tersebut akan diresmikan secara adat (dipelaspas) pada 25 Februari 2017.

"Jembatan tersebut dibangun dengan dana pemerintah pusat melalui Balai Sungai dan Jalan Bali Penida sebesar Rp3,4 miliar," kata pengawas pembangunan proyek jembatan tersebut, Siswanto, Rabu (8/2/2017).

Ia mengatakan, pembangunan yang ditargetkan rampung 31 Desember 2016 itu sedikit terhambat akibat faktor alam yakni pasang surut air laut dan arus laut yang cukup kencang.

Jembatan ini merupakan pengganti jembatan sebelumnya yang ambruk pertengahan Desember 2016. Jembatan Cinta dibangun lebih luas 0,2 meter dari sebelumnya lebar hanya 1,6 meter menjadi 1,8 meter, namun panjangnya tetap 140 meter.

"Meskipun pembangunan jembatan sudah siap dipelaspas, 17 karyawan masih bekerja maksimal untuk menyelesaikan seluruhnya dalam minggu ini," ujar Siswanto.

Ia mengakui, proses pengerjaan jembatan sejak awal mengalami keterlambatan akibat cuaca di tengah laut itu tidak mendukung, karena gelombang kadang pasang dan surut sehingga menyulitkan untuk bekerja dan mengangkut bahan dari pantai kampung Toyapakeh.

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kabupaten Klungkung I Gusti Nyoman Supartana serta Camat Nusa Penida I Gusti Agung Gede Putra Mahajaya melihat dari dekat proses penyelesaikan akhir pembangunan jembatan tersebut.

Ia mengharapkan sepuluh hari ke depan jembatan tersebut dapat berfungsi yang selama ini mempunyai arti penting bagi masyarakat setempat, termasuk wisatawan mancanegara yang berliburan di daerah itu.

Jembatan tersebut mempunyai kekuatan untuk menanggung beban sekitar 30 ton, namun khusus diperuntukkan bagi pejalan kaki dan sepeda motor.

Jembatan itu Sabtu, 25 Februari akan dipelaspas secara adat Bali sekaligus mulai berfungsi, yang akan mampu menambah daya tarik pulau terpencil bagi wisatawan, harap Bupati Nyoman Suwirta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pariwisata Nusa Penida

Sumber : Antara

Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top