Doddy Samsura Pancawinata/Dokumentasi KBRI/PTRI Wina
Kuliner

Barista Terbaik Indonesia Hadir di Vienna Coffee Festival

Andhina Wulandari
Selasa, 17 Januari 2017 - 16:10
Bagikan

Bisnis.com, WINA – Doddy Samsura Pancawinata, barista terbaik Indonesia, turut memeriahkan Vienna Coffee Festival yang berlangsung di Wina, Austria, 13-16 Januari 2017.

Keikutsertaan Doddy dalam festival tersebut berkat kerja sama antara KBRI/PTRI Wina dengan Somatua Foundation, yayasan yang bergerak di bidang sosial dan pengembangan masyarakat di Provinsi Papua dan Papua Barat.

Dalam ajang ini, Indonesia memang membawa dua jenis kopi untuk diperkenalkan ke para pengunjung, yaitu kopi Papua dan kopi Bali. Untuk kopi Bali, diperkenalkan di bawah bendera Pélage Coffee, yang beberapa tahun belakangan ini telah menjual produknya di Austria dan sejumlah negara lain di Eropa.

Di sini, Doddy, yang pernah mengikuti kompetisi World Barista Championship di Melbourne, Australia pada 2013, memperlihatkan kepiawaiannya meracik kopi. Pada setiap pengunjung, dia akan bertanya, apakah lebih suka kopi hitam atau kopi susu.

“Kalau suka kopi dengan susu, maka saya racik kopi Bali yang memiliki rasa sedikit asam, tapi tetap legit dan nikmat jika dicampur susu,” ujar Doddy, di sela-sela acara Vienna Coffee Festival, Senin (16/1/2017).

Vienna Coffee Festival merupakan ajang tahunan yang dihadiri lebih dari 12.000 pengunjung dan pelaku industri kopi dari berbagai negara. Dalam acara ini, pengunjung hanya dikenakan biaya tiket masuk seharga 10 euro (sekitar Rp145.000) dan bisa mencicipi semua kopi yang disajikan di acara tersebut gratis. Namun, ada pula berbagai jenis bubuk kopi, mesin pembuat kopi, dan souvenir lainnya yang dijual di acara itu.

Perlu diketahui, warga Austria merupakan para penikmat kopi di mana konsumsi kopi di negara tersebut menempati urutan ke lima tertinggi di dunia. Kota Wina sendiri memiliki tradisi minum kopi di kedai kopi yang dikenal dengan nama Viennesse Kaffehaus, yang telah diakui UNESCO sebagai “intangible cultural heritage”.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Nancy Junita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro