Ikan paus/Antara
Travel

Ikan Paus Terdampar di Pantai Seriwe

Newswire
Jumat, 13 Januari 2017 - 09:55
Bagikan

Bisnis.com, LOMBOK - Seekor ikan paus terdampar di Pantai Seriwe, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, yang kini dikatakan sudah dalam keadaan mati.

"Menurut laporannya, bangkai ikan paus yang terdampar, pertama kali ditemukan oleh para nelayan di wilayah setempat," kata Kasatrolda Ditpolair Polda NTB AKBP I Dewa Wijaya kepada wartawan di Mataram, Jumat (13/1/2017).

Menindaklanjuti laporan masyarakat nelayan yang menemukan bangkainya pada Kamis (12/1/2017) pagi itu, anggota Ditpolair langsung menuju lokasi.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, lanjut Dewa, ikan paus yang panjangnya mencapai 10 meter dengan diameter sekitar 1 meter tersebut, memiliki berat mencapai 4 ton.

Terkait dengan penyebab kematiannya, Dewa menduga karena pengaruh aktivitas kapal yang kerap melintas di perairan setempat. Menurutnya, hal itu sangat mengganggu kehidupan dari biota laut, termasuk ikan paus tersebut.

Namun, petugas dari dinas kelautan juga dikatakan telah melakukan pemeriksaan. Dari hasil pemeriksaannya disimpulkan bahwa kematiannya disebabkan karena usianya yang sudah tua.

Karena usianya yang terbilang sudah tua, menyebabkan ikan paus tersebut dengan mudahnya terseret arus laut dan terbawa oleh ombak hingga ke tepian pantai.

Lebih lanjut, Dewa mengatakan, setelah melakukan musyawarah dengan Camat Jerowaru, Kepala Desa Seriwe, maupun sejumlah tokoh masyarakat setempat, bangkai ikan paus tersebut rencananya pada Jumat (13/1/2017) pagi ini akan ditenggelamkan ke tengah laut.

"Kalau tidak ada halangan, pagi ini juga akan kita laksanakan," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro