Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ikan Paus Terdampar di Pantai Seriwe

Seekor ikan paus terdampar di Pantai Seriwe, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, yang kini dikatakan sudah dalam keadaan mati.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 13 Januari 2017  |  09:55 WIB
Ikan paus - Antara
Ikan paus - Antara

Bisnis.com, LOMBOK - Seekor ikan paus terdampar di Pantai Seriwe, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, yang kini dikatakan sudah dalam keadaan mati.

"Menurut laporannya, bangkai ikan paus yang terdampar, pertama kali ditemukan oleh para nelayan di wilayah setempat," kata Kasatrolda Ditpolair Polda NTB AKBP I Dewa Wijaya kepada wartawan di Mataram, Jumat (13/1/2017).

Menindaklanjuti laporan masyarakat nelayan yang menemukan bangkainya pada Kamis (12/1/2017) pagi itu, anggota Ditpolair langsung menuju lokasi.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, lanjut Dewa, ikan paus yang panjangnya mencapai 10 meter dengan diameter sekitar 1 meter tersebut, memiliki berat mencapai 4 ton.

Terkait dengan penyebab kematiannya, Dewa menduga karena pengaruh aktivitas kapal yang kerap melintas di perairan setempat. Menurutnya, hal itu sangat mengganggu kehidupan dari biota laut, termasuk ikan paus tersebut.

Namun, petugas dari dinas kelautan juga dikatakan telah melakukan pemeriksaan. Dari hasil pemeriksaannya disimpulkan bahwa kematiannya disebabkan karena usianya yang sudah tua.

Karena usianya yang terbilang sudah tua, menyebabkan ikan paus tersebut dengan mudahnya terseret arus laut dan terbawa oleh ombak hingga ke tepian pantai.

Lebih lanjut, Dewa mengatakan, setelah melakukan musyawarah dengan Camat Jerowaru, Kepala Desa Seriwe, maupun sejumlah tokoh masyarakat setempat, bangkai ikan paus tersebut rencananya pada Jumat (13/1/2017) pagi ini akan ditenggelamkan ke tengah laut.

"Kalau tidak ada halangan, pagi ini juga akan kita laksanakan," ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hiu paus

Sumber : Antara

Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top